visitaaponce.com

Potensi Pembayaran Asuransi Maritim Terbesar setelah Keruntuhan Jembatan di Baltimore

Potensi Pembayaran Asuransi Maritim Terbesar setelah Keruntuhan Jembatan di Baltimore
Ambruknya jembatan Baltimore dapat menghasilkan pembayaran asuransi maritim terbesar yang pernah ada.(AFP)

KETUA perusahaan asuransi raksasa Lloyd's of London mengatakan ambruknya jembatan utama di Baltimore setelah ditabrak kapal kargo, bisa mengakibatkan pembayaran asuransi maritim terbesar yang pernah ada.

"Terasa seperti kerugian yang sangat besar, potensialnya merupakan kerugian asuransi maritim terbesar yang pernah ada, tetapi tidak di luar parameter yang kami rencanakan," kata ketua Bruce Carnegie-Brown kepada CNBC.

"Kami mulai menggunakan sumber daya dalam antisipasi bahwa ini akan menjadi klaim yang sangat besar bagi industri," tambahnya.

Baca juga : Enam Orang Dinyatakan Hilang dalam Ambruknya Jembatan di Baltimore

Enam dari delapan anggota kru konstruksi diyakini telah tewas dalam kejadian tersebut, yang terjadi pada dini hari Selasa.

Dengan lalu lintas kapal di Pelabuhan Baltimore dihentikan setelah kecelakaan, para ahli telah memperingatkan tentang efek ekonomi berantai, terutama secara lokal.

Baltimore adalah pelabuhan penanganan kendaraan terbesar di negara itu, termasuk mobil dan peralatan pertanian berat, menurut Menteri Transportasi Pete Buttigieg. Nilai sekitar US$100 hingga US$200 juta melalui pelabuhan setiap harinya.

Baca juga : 3 Crane Tiba untuk Membersihkan Puing-Puing Jembatan Baltimore

Selain ribuan pekerja di pelabuhan, Gubernur Maryland Wes Moore memperingatkan dalam wawancara sebelumnya bahwa lebih dari 140.000 orang dapat terdampak secara tidak langsung oleh gangguan.

Carnegie-Brown mengatakan kepada CNBC bahwa akan ada klaim untuk kapal, kargo, dan jembatan, tetapi adalah "dampak-dampak tingkat kedua" yang akan menjadi besar.

"Banyak bisnis akan terganggu," katanya, mencatat bahwa rantai pasokan akan terganggu oleh kapal-kapal yang terjebak di dalam pelabuhan dan yang awalnya mencoba mendapatkan akses.

Baca juga : Pemulihan Jembatan Baltimore dan Pelabuhan Butuh Waktu Lama

"Dampak-dampak tingkat kedua tersebut akan memakan waktu untuk diatasi," tambahnya.

Sebuah tim tugas gangguan rantai pasokan pemerintah AS bertemu pada hari Rabu untuk membahas dampak potensial pada rantai pasokan regional dan nasional, menyusul keruntuhan jembatan, kata pernyataan dari Gedung Putih.

Sejak keruntuhan Jembatan Francis Scott Key, "Gedung Putih dan agensi federal telah terlibat secara ekstensif dengan industri, operator kapal laut, pelabuhan, dan serikat buruh untuk meminimalkan gangguan saat pengiriman dialihkan sementara Pelabuhan Baltimore ditutup untuk lalu lintas kapal," tambah Gedung Putih. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat