visitaaponce.com

Spanyol Segera Akui Negara Palestina

Spanyol Segera Akui Negara Palestina
Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez.(AFP/JOHN THYS)

SPANYOL akan mengakui negara Palestina pada Juli. Perdana Menteri Pedro Sanchez menjanjikannya saat melakukan kunjungan ke Timur Tengah.

Kantor berita Spanyol, EFE, serta surat kabar El Pais dan La Vanguardia mengutip Sanchez yang menyampaikan pernyataan tersebut kepada korps pers keliling pada Senin (1/4) malam di ibu kota Yordania, Amman. Ini merupakan hari pertama kunjungannya ke Yordania, Qatar, dan Arab Saudi.

Menurut laporan tersebut, Sanchez mengatakan dia memperkirakan isu ini akan mencuat menjelang pemilihan Parlemen Eropa pada awal Juni dan menyoroti perdebatan yang sedang berlangsung di PBB.

Baca juga : Tekanan Dunia pada Israel Meningkat, Setelah Pembantaian di Rafah

Selain itu Israel mengumumkan kematian seorang tentara dalam pertempuran di Jalur Gaza. Jumlah total tentara Zionis yang tewas sejak serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober menjadi 600 orang.

Perdana Menteri Benyamin Netanyahu berjanji menutup kantor berita asal Qatar, Al-Jazeera, di Israel. Dia menyebutnya sebagai saluran teror yang menyebarkan hasutan.

Parlemen Israel meloloskan undang-undang yang membuka jalan bagi penutupan kantor media tersebut. Janji Netanyahu meningkatkan perseteruan lama Israel terhadap Al-Jazeera.

Hal ini juga mengancam akan meningkatkan ketegangan dengan Qatar, pemilik saluran tersebut, pada saat pemerintah Doha memainkan peran penting dalam upaya mediasi untuk menghentikan perang di Gaza. Al-Jazeera lmenganggap Netanyahu bertanggung jawab atas keselamatan staf dan kantornya. 

Mereka akan melanjutkan sesuatu yang mereka gambarkan sebagai pemberitaan berani dan profesional serta berhak untuk mengambil setiap langkah hukum. (France24/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat