visitaaponce.com

Personel Militer Dikerahkan untuk Bencana Gempa di Taiwan

Personel Militer Dikerahkan untuk Bencana Gempa di Taiwan
Personel militer telah dikerahkan untuk membantu dalam bantuan bencana di Taiwan.(USGS)

PERSONEL militer Taiwan telah dikerahkan untuk membantu dalam bantuan bencana. Sekolah dan tempat kerja telah menangguhkan operasi saat gempa susulan mengguncang pulau tersebut.

Gempa bumi besar dengan magnitudo 7,4 melanda lepas pantai timur Taiwan pada hari Rabu, menurut Survei Geologi Amerika Serikat, memicu peringatan tsunami untuk pulau tersebut dan bagian selatan Jepang.

Epusentrum gempa berada sekitar 18 kilometer (11 mil) di selatan kota Hualien. Getaran dirasakan di seluruh pulau, termasuk oleh staf CNN di Taipei.

Baca juga : Dua Bangunan Ambruk di dekat Pusat Gempa di Taiwan

Laporan kerusakan awal telah muncul, dengan rumah-rumah miring di Kabupaten Hualien, kata Kementerian Pertahanan Taiwan.

Video yang disiarkan TVBS, menunjukkan bagaimana warga Taiwan merekam momen saat guncangan terjadi di dalam rumah dan bisnis mereka. Salah satu klip menunjukkan kabel listrik bergoyang hebat di atas jalan, yang lain melihat kandil bergoyang di sebuah restoran sementara yang lain menunjukkan air tumpah keluar dari sebuah akuarium.

Administrasi Cuaca Pusat Taiwan mengeluarkan peringatan tsunami menyusul gempa bumi tersebut. Peringatan CWA menyarankan warga untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi karena tsunami diharapkan akan mempengaruhi area pesisir utara pulau tersebut.

Baca juga : Gempa Bumi Taiwan, Terkuat dalam 25 Tahun

Badan Meteorologi Jepang juga mengeluarkan peringatan tsunami untuk kepulauan Miyakojima dan Okinawa bagian selatan, memperingatkan gelombang setinggi 3 meter (hampir 10 kaki). Gelombang 30 sentimeter (hampir 1 kaki) menghantam Okinawa, kata agensi tersebut.

Semua penerbangan dari prefektur Okinawa dan Kagoshima telah dihentikan menyusul peringatan tsunami di area tersebut, menurut Japan Airlines.

Gempa bumi ini adalah yang terkuat yang melanda Taiwan dalam 25 tahun, menurut juru bicara Administrasi Cuaca Pusat. Pada tahun 1999, gempa bumi berkekuatan 7,7 magnitudo melanda 93 mil (150 kilometer) di selatan Taipei, menewaskan 2.400 orang dan melukai 10.000 lainnya.

Baca juga : Filipina Keluarkan Peringatan Tsunami, Perintahkan Evakuasi Pesisir

Taiwan terletak di Cincin Api Pasifik, yang berjalan di sepanjang tepi Samudra Pasifik dan menyebabkan aktivitas seismik dan vulkanik besar dari Indonesia hingga Chile.

Pulau tersebut secara teratur diguncang oleh gempa bumi. Gempa bumi berkekuatan 6,2 magnitudo melanda dekat Hualien pada tahun 2018, menewaskan setidaknya 17 orang dan melukai lebih dari 300 lainnya.

Kabupaten Hualien adalah rumah bagi sekitar 300.000 orang dan dekat dengan Taroko Gorge, tujuan wisata populer. (CNN/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat