visitaaponce.com

Gempa Bumi Taiwan, Terkuat dalam 25 Tahun

Gempa Bumi Taiwan, Terkuat dalam 25 Tahun
Gempa bumi besar bermagnitudo 7,4 mengguncang lepas pantai timur Taiwan, memicu peringatan tsunami untuk pulau tersebut.(Media Sosial X)

GEMPA bumi besar dengan magnitudo 7,4 melanda lepas pantai timur Taiwan, Rabu (3/4), menurut Survei Geologi Amerika Serikat, yang memicu peringatan tsunami untuk pulau tersebut dan Jepang bagian selatan.

Pusat gempa berada sekitar 18 kilometer (11 mil) di selatan kota Hualien. Getaran terasa di seluruh pulau, termasuk oleh staf CNN di Taipei.

Gempa ini menjadi yang terkuat yang melanda Taiwan dalam 25 tahun terakhir, menurut juru bicara Administrasi Cuaca Pusat. Pada 1999, gempa berkekuatan 7,7 magnitudo melanda 93 mil (150 kilometer) di selatan Taipei, menewaskan 2.400 orang dan melukai 10.000 lainnya.

Baca juga : Filipina Keluarkan Peringatan Tsunami, Perintahkan Evakuasi Pesisir

Taiwan terletak di Cincin Api Pasifik, yang membentang di sekitar tepi Samudra Pasifik dan menyebabkan aktivitas seismik dan vulkanik besar dari Indonesia hingga Chili.

Pulau tersebut secara teratur diguncang gempa bumi. Gempa bumi magnitudo 6,2 melanda dekat Hualien tahun 2018, menewaskan setidaknya 17 orang dan melukai lebih dari 300 lainnya.

Kabupaten Hualien memiliki sekitar 300.000 jiwa dan dekat dengan Taroko Gorge, tujuan wisata populer.

Baca juga : Ini Rangkaian Gempa dan Peringatan Tsunami di Jepang dan Taiwan

Sampai saat ini, sejumlah laporan kerusakan awal telah muncul, dengan rumah-rumah yang miring di Kabupaten Hualien, kata Kementerian Pertahanan Taiwan.

Personel militer telah dikerahkan untuk membantu bantuan bencana dan sekolah serta tempat kerja telah menangguhkan operasi karena guncangan susulan melanda pulau.

Administrasi Cuaca Pusat Taiwan mengeluarkan peringatan tsunami setelah gempa. Peringatan CWA mengarahkan warga untuk mengungsikan diri ke tempat yang lebih tinggi karena tsunami diharapkan akan memengaruhi daerah pesisir utara pulau.

Badan Meteorologi Jepang juga mengeluarkan peringatan tsunami untuk pulau-pulau Miyakojima dan Okinawa, dengan peringatan gelombang setinggi 3 meter (hampir 10 kaki). Gelombang 30 sentimeter (hampir 1 kaki) melanda Okinawa, kata badan tersebut. (CNN/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat