visitaaponce.com

Filipina Keluarkan Peringatan Tsunami, Perintahkan Evakuasi Pesisir

Filipina Keluarkan Peringatan Tsunami, Perintahkan Evakuasi Pesisir
Filipina keluarkan peringatan tsunami dan perintah evakuasi pesisir pascagempa magnitudo 7,4 di Taiwan.(USGS)

FILIPINA memperingatkan akan adanya "gelombang tsunami yang tinggi" dan menyerukan evakuasi wilayah pesisir pada Rabu, setelah gempa berkekuatan 7,4 skala Richter di Taiwan.

“Masyarakat di wilayah pesisir provinsi-provinsi berikut sangat disarankan untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi atau pindah lebih jauh ke daratan,” kata lembaga seismologi negara dalam sebuah peringatan untuk 23 provinsi yang mengatakan “gelombang tsunami tinggi” diperkirakan akan melanda.

Daerah pesisir di 23 provinsi dari utara hingga selatan negara kepulauan tersebut, namun tidak termasuk ibu kota Manila, "diperkirakan akan mengalami gelombang tsunami tinggi" berdasarkan model gelombang tsunami, tambahnya.

Gelombang tsunami pertama diharapkan akan tiba antara pukul 00.33 GMT dan 02.33 GMT yang "mungkin bukan yang terbesar dan gelombang ini dapat berlanjut selama berjam-jam".

"Pemilik perahu di pelabuhan, muara sungai, atau perairan pantai dangkal di provinsi-provinsi yang disebutkan di atas harus mengamankan perahu mereka dan menjauh dari tepi pantai," demikian disampaikan.

"Perahu yang sudah berada di laut selama periode ini harus tetap di lepas pantai di perairan dalam sampai mendapat perintah selanjutnya."

Sebelumnya peringatan tsunami telah dikeluarkan Taiwan dan Jepang

Baca juga : Ini Rangkaian Gempa dan Peringatan Tsunami di Jepang dan Taiwan

Gelombang tsunami setinggi tiga meter (10 kaki) diperkirakan segera terjadi di pulau-pulau Jepang yang terpencil di dekat Taiwan, termasuk pulau Miyakojima, kata badan tersebut.

"Evakuasi!" kata banner di penyiar nasional NHK.

"Tsunami akan datang. Mohon evakuasi segera," kata seorang pembawa acara di NHK. "Jangan berhenti. Jangan kembali."

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengatakan gempa tersebut memiliki magnitudo 7,4, dengan pusat gempa 18 kilometer selatan Kota Hualien, Taiwan, pada kedalaman 34,8 km. (AFP/Z-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat