visitaaponce.com

Bunuh Sejumlah Relawan, Israel Dituding Lakukan Kejahatan Kemanusiaan

Bunuh Sejumlah Relawan, Israel Dituding Lakukan Kejahatan Kemanusiaan
Pendiri organisasi bantuan kemanusiaan Work Central Kitchen (WCK) Jose Andres( ANDER GILLENEA / AFP)

Pendiri lembaga bantuan kemanusiaan bernama Work Central Kitchen (WCK) Jose Andres menilai Israel memerangi kemanusiaan di Gaza. Kecaman itu ditentang sekutu Israel, Amerika Serikat (AS).

“Ini sepertinya bukan perang melawan teror. Sepertinya ini bukan lagi perang untuk membela Israel. Pada titik ini, tampaknya ini adalah perang melawan kemanusiaan itu sendiri," kata Andres yang berkebangsaan Amerika Serikat.

Andres juga menyesali serangan pesawat tak berawak Israel yang menewaskan tujuh relawan WCK pada 1 April. Andres mengatakan tindakan Israel bukan hanya merugikan WCK dengan kematian tujuh relawannya, namun juga kemanusiaan.

Baca juga : Biden Desak Mesir dan Qatar Tekan Hamas agar Setujui Pertukaran Tawanan

IDF (Militer Israel) berdalih ada tiga serangan di tengah konvoi WCK yang telah meminta izin sebelumnya. Para pejabat Israel gagal memberikan informasi terbaru kepada komandan konvoi tersebut dan menargetkan Hamas.

Namun Andres membantah temuan tersebut dan mengatakan Israel tidak dapat berlindung dari kesalahan dengan klaim ancaman Hamas. "Setiap kali sesuatu terjadi, kita tidak bisa begitu saja melibatkan Hamas.”

Salah satu ayah pekerja WCK yang menjadi korban kebiadaban Israel, Jacob Flickinger, John Flickinger mengatakan kepada Menteri Luar Negeri Antony Blinken bahwa pembunuhan yang dilakukan Israel di wilayah yang dikuasai Hamas harus diakhiri. Menurut John putranya yang berusia 33 tahun berkewarganegaraan ganda, AS dan Kanada.

Baca juga : INH Salurkan Bantuan ke Wilayah Terisolasi di Gaza Utara

“Jika AS menghentikan bantuan ke Israel, mungkin anak saya akan masih hidup hari ini,” kata John Flickinger.

Sementara AS menolak kecaman Andres tersebut. Washington juga enggan mengutuk kebiadaban Israel terhadap tujuh relawan WCK dan hanya meminta Israel mengevaluasi penargetan di Gaza supaya tidak lagi mengorbankan warga sipil.

“Harus ada beberapa perubahan dalam cara pasukan pertahanan Israel melakukan operasi ini di Gaza untuk memastikan hal ini tidak terjadi lagi,” kata Penasihat Komunikasi Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby.

Ia menilai Israel harus merubah proses dekonfliksi antara pekerja bantuan di lapangan dan markas militernya atau IDF sehingga penargetan seperti ini tidak bisa terjadi lagi.(The Guardian/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat