visitaaponce.com

Bahas Kemerdekaan Palestina, Pemimpin Hamas Temui Erdogan

Bahas Kemerdekaan Palestina, Pemimpin Hamas Temui Erdogan
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan akan menjamu pemimpin Hamas, Palestina, Ismail Haniyeh, di Turki akhir pekan ini.(Adem ALTAN / AFP)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan akan menjamu pemimpin Hamas, Palestina, Ismail Haniyeh, di Turki akhir pekan ini. Fokus pembahasan keduanya mengenai upaya memerdekakan Palestina dari penjajahan Israel. “Pemimpin perjuangan Palestina akan menjadi tamu saya akhir pekan ini,” kata Erdogan.

Meskipun Erdogan tidak mengatakan di mana akan bertemu dengan pemimpin politik Hamas tersebut, seorang pejabat Turki mengatakan bahwa mereka akan mengadakan pembicaraan pada Sabtu (20/4), di Istana Dolmabahce di Istanbul.

“Bahkan jika hanya saya, Tayyip Erdogan yang bertahan, saya akan terus melanjutkannya selama Tuhan memberikan hidup saya, untuk membela perjuangan Palestina dan menjadi suara rakyat Palestina yang tertindas,” katanya seraya menyebut Hamas sebagai kelompok perlawanan.

Tiga putra dan empat cucu pemimpin Hamas tewas dalam serangan udara Israel

Baca juga : Presiden Iran Ebrahim Raisi Kunjungi Turki Besok Bahas Israel-Hamas

Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan berada di Qatar pada Rabu (17/4), dan mengatakan dia menghabiskan tiga jam bersama Haniyeh dan para pembantunya untuk bertukar pandangan khususnya mengenai negosiasi gencatan senjata.

Qatar, mediator antara Israel dan Hamas, mengakui bahwa negosiasi untuk mengakhiri permusuhan di Gaza dan membebaskan sandera terhenti. Fidan mengatakan dia berbicara dengan Haniyeh, yang tinggal di Qatar, tentang bagaimana Hamas harus secara jelas mengungkapkan harapannya, terutama mengenai solusi dua negara.

Pertemuan terakhir Erdogan dengan Haniyeh terjadi pada Juli 2023 ketika Erdogan menjamu Haniyeh dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di istana presiden di Ankara. Haniyeh terakhir kali bertemu Fidan di Turki pada 2 Januari. (Anadolu/M-3)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat