visitaaponce.com

Israel Kemungkinan tidak akan Balas Serangan Iran Secara Langsung

Israel Kemungkinan tidak akan Balas Serangan Iran Secara Langsung
PM Benjamin Netanyahu memimpin Rapat kabinet perang Israel, Senin (14/4) lalu.(Israeli Prime Minister Office / AFP))

Israel mempertimbangkan untuk melakukan serangan terhadap Iran sebagai pembalasan atas serangan pada akhir pekan lalu, namun kemudian membatalkan rencana tersebut, menurut laporan media Israel dan AS.

Iran meluncurkan lebih dari 300 drone dan rudal terhadap Israel selama akhir pekan dalam sebuah serangan yang hanya menyebabkan sedikit kerusakan setelah sebagian besar proyektil berhasil dicegat.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah berjanji untuk menanggapi serangan tersebut, sehingga mendorong kekuatan global, termasuk sekutu utamanya Amerika Serikat, menyerukan pengendalian diri guna menghindari eskalasi lebih lanjut atau dampak regional dari perang yang telah berlangsung selama berbulan-bulan di Gaza.

Baca juga : Puluhan LSM Menyerukan Solusi Diplomatik untuk Redakan Konflik di Timur Tengah

Stasiun penyiaran publik Israel, Kan, melaporkan bahwa setelah berdiskusi dengan Presiden AS Joe Biden, Netanyahu memutuskan untuk tidak melanjutkan rencana serangan balasan terhadap Iran yang telah diatur sebelumnya jika terjadi serangan.

“Sensitivitas diplomatik ikut berperan,” kata seorang pejabat senior Israel yang tidak mau disebutkan namanya kepada Kan, seraya menambahkan bahwa akan ada tanggapan, namun akan berbeda dari rencana awal.

Mengutip tiga sumber Israel yang tidak disebutkan namanya, ABC News melaporkan: "Israel bersiap dan kemudian membatalkan serangan balasan terhadap Iran.

Baca juga : AS dan Sekutunya Siapkan Sanksi Berat kepada Iran

“Di antara berbagai kemungkinan reaksi yang dipertimbangkan oleh kabinet perang Israel adalah pilihan untuk menyerang proksi Iran di wilayah lain atau melakukan serangan siber,” kata sumber tersebut kepada ABC.

Pada pertemuan kabinet pada Senin lalu, para pejabat Israel mempertimbangkan untuk memberikan izin kepada Pasukan Pertahanan Israel (IDF) untuk melakukan serangan terhadap Iran, “namun untuk alasan operasional” memutuskan untuk tidak melanjutkannya,” kata dua pejabat Israel yang tidak disebutkan namanya kepada situs berita AS Axios.

Kelompok bersenjata yang didukung Iran di seluruh wilayah telah melakukan serangan sejak perang Israel-Hamas pecah pada Oktober.

Baca juga : Israel Terjepit di Antara Iran dan Hamas

Serangan gencar Teheran pada akhir pekan, yang merupakan serangan langsung pertamanya di tanah Israel, terjadi sebagai respons terhadap serangan mematikan terhadap konsulat Iran di Damaskus pada tanggal 1 April yang dilakukan Israel.

AS dan Uni Eropa telah berjanji untuk meningkatkan sanksi terhadap Iran, sementara presiden Iran telah memperingatkan “respon yang keras dan keras” terhadap setiap pembalasan.

Menanggapi tekanan diplomatik, termasuk dari pendukung utama militer Washington, Netanyahu pada hari Rabu menegaskan Israel akan membuat keputusannya sendiri, dan melakukan apa yang diperlukan untuk mempertahankan diri. (AFP/M-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat