visitaaponce.com

Menlu Retno Marsudi Sulit Mewujudkan Stabilitas di Timur-Tengah Tanpa Menyelesaikan Isu Palestina

Menlu Retno Marsudi: Sulit Mewujudkan Stabilitas di Timur-Tengah Tanpa Menyelesaikan Isu Palestina
Menlu Retno Marsudi mengatakan perlu kerja keras menjaga stablitas di Timur Tengah, termasuk menyelesaikan masalah Palestina.(MI/Indriyani)

MENTERI Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan diperlukan kerja keras dari banyak negara guna mencegah semakin meningkatnya ketegangan di Timur Tengah. Retno menegaskan stabilitas di Timur Tengah sulit terwujud, tanpa penyelesaian isu kemanusiaan di Palestina yang melibatkan Israel.

Kondisi di Timur Tengah kian memanas setelah Iran melancarkan drone peledak dan rudal ke Israel. Itu merupakan serangan balasan atas Israel ke kompleks kedutaan Iran di Suriah, dua pekan lalu. 

Menlu menuturkan pemerintah RI akan bicara dengan pihak-pihak terkait untuk dapat menahan diri sehingga tidak terjadi eskalasi. Banyak negara khawatir hubungan Iran-Israel yang memanas tersebut, dapat menjadi perang terbuka.

Baca juga : Tiba di New York, Menlu Retno Hadiri Debat Terbuka DK PBB Bahas Isu Timur Tengah

"Semalam saya juga melakukan komunikasi dengan menteri luar negeri Hongaria karena Hongaria cukup dekat dengan Israel. Prinsipnya semua pihak yang saya hubungi sama, bahwa kita tidak ingin melihat adanya eskalasi. Tetapi, kita tahu perlu kerja keras semua pihak untuk menghindari eskalasi," ujar Menlu di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/4).

Indonesia mengajak sejumlah negara yang berpengaruh untuk menggunakan pengaruh mereka untuk mencegah eskalasi. Retno sebelumnya telah menghubungi menteri luar negeri Iran, serta menlu dari negara-negara Uni Emirat Arab dan Amerika Serikat.

Menurutnya banyak negara sepakat bahwa stabilitas di Timur Tengah amat terkait dengan persoalan Palestina serta masalah kemanusiaan di Gaza yang diakibatkan pendudukan Israel dan konflik Israel dengan kelompok bersenjata Palestina anti-zionis, Hamas.

"Saya akan terus melakukan komunikasi karena kita tahu masalahnya cukup kompleks, tetapi semua pihak juga paham kalau isu Palestina, isu Gaza tidak diselesaikan, maka akan sulit mewujudkan kestabilan di kawasan Timur-Tengah," papar Menlu. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat