visitaaponce.com

Tiba di New York, Menlu Retno Hadiri Debat Terbuka DK PBB Bahas Isu Timur Tengah

Tiba di New York, Menlu Retno Hadiri Debat Terbuka DK PBB Bahas Isu Timur Tengah
Menlu Retno Marsudi akan meghadiri Debat Terbuka Tingkat Menteri di DK PBB yang membahas situasi terkini Timur Tengah, termasuk Palestina.(AFP)

MENTERI Luar Negeri Retno Marsudi akan meghadiri Debat Terbuka Tingkat Menteri di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) selama berada di New York. Debat terbuka itu terkait situasi terkini Timur Tengah, termasuk isu Palestina.

"Selama berada di New York, saya akan melakukan serangkaian pertemuan dengan sejumlah menlu asing dan hadir dalam debat terbuka dewan keamanan PBB mengenai Gaza," kata kata Menlu Retno setelah mendarat di Newark Liberty International Airport, New Jersey, Amerika Serikat.

Debat terbuka tersebut merupakan salah satu rangkaian jalur diplomasi yang ditempuh Indonesia dalam menyuarakan keadilan dalam konflik yang sedang berlangsung antara Palestina-Israel.

Baca juga: Lewat KTT GNB, Indonesia Ajak 120 Negara Bantu Kemerdekaan Palestina

Hari ini, Menteri Luar Negeri Malaysia Mohamad Hasan akan memimpin delegasi ke Debat Terbuka Tingkat Menteri di DK PBB tersebut.

Menlu Retno mengatakan akan terus mendorong tercapainya gencatan senjata di Gaza dan juga penghapusan penjajahan yang dialami Palestina.

Baca juga: Dua Ibu di Jalur Gaza Dibunuh Israel setiap Satu Jam

Dia juga mengingatkan tanpa adanya aksi nyata dari Dewan Keamanan PBB, dampak yang mengerikan bagi kemanusiaan akan terus berlanjut bagi warga Palestina di Gaza.

Saat ini, Kementerian Kesehatan Palestina mencatat bahwa jumlah korban tewas telah melampaui 25.000 orang. Korban akan terus bertambah, apalagi masih banyak warga yang belum ditemukan akibat hilang atau tertimbun reruntuhan.

Sejak bulan Oktober 2023, Menlu Retno telah mengajukan desakan kepada Dewan Keamanan PBB agar konflik Palestina-Israel dihentikan dan segera menolong korban. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat