visitaaponce.com

Dua Ibu di Jalur Gaza Dibunuh Israel setiap Satu Jam

Dua Ibu di Jalur Gaza Dibunuh Israel setiap Satu Jam
Anak-anak Palestina yang terlantar berjalan di atas bukit menghadap kamp darurat mereka di Rafah, di Jalur Gaza selatan.(AFP.)

PEREMPUAN dan anak-anak ialah korban utama serangan Israel yang membabi buta di Jalur Gaza, Palestina. Sekitar 16 ribu perempuan dan anak terbunuh sejak 7 Oktober. PBB mencatat dua ibu kehilangan nyawa setiap jam.

Direktur Eksekutif UN Women Sima Bahous mengatakan kenyataan ini merupakan fakta menyakitkan yang dialami warga Gaza. Peristiwa yang saat ini menerpa penduduk wilayah itu menjadi paling kejam dalam 15 tahun.

Sebelumnya, kata dia, 67% dari seluruh warga sipil yang terbunuh di Gaza dan Tepi Barat ialah laki-laki. Sementara kurang dari 14% ialah perempuan.

Baca juga: Liga Arab Rencanakan Sidang Darurat Perang Gaza di Kairo

Namun kali ini, lanjut dia, dari 25 ribu warga Palestina yang tewas dalam konflik tersebut, 70% di antara mereka ialah wanita dan anak-anak. 

"Perempuan dan anak perempuan kehilangan keamanan, obat-obatan, layanan kesehatan, dan tempat tinggal. Mereka menghadapi kelaparan dan kehausan yang akan segera terjadi. Yang terpenting, mereka kehilangan harapan dan keadilan," katanya.

Baca juga: Keluarga Sebut Netanyahu Abaikan Pembebasan Sandera Hamas

Sekitar 165 warga Palestina tewas dan 280 luka-luka dalam 24 jam terakhir, kata kementerian kesehatan Gaza yang dikelola Hamas pada Sabtu (19/1). Sebanyak 24.927 warga Palestina tewas dan 62.388 orang terluka dalam serangan Israel di Gaza. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat