visitaaponce.com

Serangan Israel di Rafah Tewaskan Perempuan dan Anak-anak

Serangan Israel di Rafah Tewaskan Perempuan dan Anak-anak
Ilustrasi: sejumlkah anak di Rafah di tengah konflik Israel-Hamas(MOHAMMED ABED / AFP))

Badan pertahanan sipil Gaza mengatakan serangan Israel pada Jumat (19/4) malam menewaskan sembilan anggota keluarga Palestina, termasuk enam anak di kota selatan Rafah.

Lima anak berusia satu hingga tujuh tahun dan seorang gadis berusia 16 tahun, termasuk di antara korban tewas, bersama dengan dua perempuan dan seorang pria, menurut rumah sakit Al Najjar di kota itu.

“Sembilan martir termasuk enam anak-anak berhasil diselamatkan dari reruntuhan setelah angkatan udara Israel menyerang rumah keluarga Radwan di Tal al-Sultan di Rafah,” kata juru bicara badan Pertahanan Sipil Gaza Mahmud Bassal dalam sebuah pernyataan, Sabtu (20/4).

Baca juga : AS tidak Yakin Israel akan Serang Rafah dalam Waktu Dekat

Di luar rumah sakit, seorang jurnalis AFP melihat orang-orang berduka atas kantong jenazah yang kecil. Seorang wanita mengelus dahi anak laki-laki yang meninggal saat pesawat bergemuruh di atasnya.

“Seperti yang Anda lihat, tidak ada militan, bahkan laki-laki dewasa pun tidak, kecuali kepala keluarga. Mereka semua adalah perempuan dan anak-anak.” Kata Abu Mohammed Ziyadah, tetangga korban.

Segera setelah konflik di Gaza pecah pada 7 Oktober, Israel mengatakan kepada warga Palestina yang tinggal di utara Gaza untuk pindah ke “zona aman” di selatan wilayah tersebut seperti Rafah.

Baca juga : AS Belum Restui Rencana Israel Menginvasi Rafah

Namun Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berjanji akan menyerang kota tersebut, tempat sekitar 1,5 juta orang – lebih dari setengah populasi wilayah tersebut – mengungsi.

Israel selama dua bulan telah mengancam akan mengirim pasukan untuk melawan militan Hamas, namun tanpa operasi seperti itu pun Rafah terus menerus dibombardir.

Bassal mengatakan tentara Israel menyerang beberapa daerah di Rafah semalam, termasuk lingkungan Salam di mana satu orang tewas dan beberapa lainnya luka-luka. Dia mengatakan tentara menyerang sebuah rumah dan sebuah sekolah taman kanak-kanak. (AFP/M-3)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat