visitaaponce.com

PBB Kucurkan Dana Ketahanan Iklim untuk Lindungi Pengungsi

PBB Kucurkan Dana Ketahanan Iklim untuk Lindungi Pengungsi
ilustrasi: pengungsi di Tajikistan bertani(AFP)

PBB meluncurkan Dana Ketahanan Iklim baru yang bertujuan untuk meningkatkan perlindungan bagi pengungsi dan komunitas terlantar yang terancam oleh perubahan iklim.

UNHCR, badan pengungsi PBB, mengatakan pihaknya bermaksud untuk mengumpulkan US$100 juta sebagai dana baru pada akhir tahun depan untuk melindungi pengungsi, komunitas tuan rumah mereka, dan negara asal yang paling terkena dampak darurat iklim.

Dalam pernyataannya Rabu (24/4), badan itu mengatakan risiko iklim berkorelasi kuat dengan konflik dan kemiskinan yang dialami oleh banyak pengungsi.

Baca juga : Temui UNHCR, Ini Sikap Indonesia soal Pengungsi Rohingya

Pada 2022, lebih dari 70% pengungsi dan pencari suaka melarikan diri dari negara-negara yang sangat rentan terhadap perubahan iklim, ungkap laporan tersebut.

“Dampak perubahan iklim semakin dahsyat, semakin memperburuk konflik, menghancurkan mata pencaharian dan, pada akhirnya, memicu pengungsian,” kata kepala pengungsi PBB Filippo Grandi dalam pernyataannya seperti dikutip AFP.

“Banyak negara yang paling dermawan dalam menerima pengungsi juga merupakan negara yang paling terkena dampak krisis iklim,” tambahnya.

Baca juga : 800 Ribu Orang Tinggalkan Sudan ke 7 Negara Tetangga

Namun, ia memperingatkan,pendanaan yang tersedia untuk mengatasi dampak perubahan iklim tidak menjangkau mereka yang terpaksa mengungsi, maupun komunitas yang menampung mereka.

UNHCR mengatakan dana barunya akan berfungsi untuk memastikan bahwa pengungsi dilibatkan dalam tindakan terkait perubahan iklim yang diambil secara nasional dan lokal. (AFP/M-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat