visitaaponce.com

550 Mahasiswa Demo Pro-Palestina Ditangkap Polisi AS

550 Mahasiswa Demo Pro-Palestina Ditangkap Polisi AS
Aktivis Mahasiswa Keadilan di Palestina berpartisipasi dalam protes perkemahan di University Yard, Universitas George Washington.(AFP/Anna Moneymaker)

GELOMBANG dukungan mahasiswa untuk warga Palestina dari kampus-kampus top di Amerika Serikat (AS) semakin meluas. Sebanyak 550 pesertanya telah ditangkap polisi, termasuk yang berasal dari kampus bertaraf dunia atau Ivy League.

Salah satunya ialah Universitas New York (NYU). Para mahasiswa NYU mendirikan tenda perkemahan yang diberi tajuk Zona Pembebasan di Gould Plaza, Stern School of Business, sejak Selasa (23/4).

Selain menuntut penghentian serangan Israel, mereka meminta pihak kampus memutus kerja sama dengan perusahaan terafiliasi Negeri Zionis itu. Mereka juga mengadakan aksi berdoa bersama.

Baca juga : Benjamin Netanyahu Dongkol Diprotes Mahasiswa AS terkait Palestina

Aksi protes di NYU ini sempat diwarnai ketegangan. Sejumlah mahasiswanya ditangkap setelah pihak kampus meminta kepolisian membubarkan demo tersebut.

"Polisi mengatakan, 133 pengunjuk rasa telah ditahan pada Rabu (24/4)," ungkap lapor media yang berbasis di Qatar, Al-Jazeera.

Selain NYU, terdapat beberapa universitas Ivy League lain yang ikut menggelar aksi protes ini antara lain Yale University, Columbia University, University of Michigan, Massachusetts Institute of Technology (MIT), University of North Carolina, University of Texas, dan University of Minnesota University of California, Berkeley. Total 550 orang ditangkap dalam protes pro-Palestina di kampus-kampus AS. 

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu meminta AS menghentikan protes pro-Palestina tersebut. Ia merasa gerah karena mendapat kecaman dari berbagai pihak.

"Yang terjadi di kampus-kampus Amerika sungguh mengerikan. Ini tidak masuk akal. Harus dihentikan. Harus dikutuk dan ditindak dengan tegas," katanya. (Aljazeera/Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat