visitaaponce.com

Ayatollah Seyed Ali Khamenei Pimpin Prosesi Pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi

Ayatollah Seyed Ali Khamenei Pimpin Prosesi Pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi
Pemimpin Revolusi Islam, Ayatollah Seyed Ali Khamenei, memimpin salat jenazah Presiden Iran Raisi(AFP)

PEMMIMPIN Revolusi Islam, Ayatollah Seyed Ali Khamenei, akan melakukan ritual Salat jenazah pada pemakaman Presiden Iran yang telah meninggal, Ebrahim Raisi, Rabu pagi. 

Ayatollah Khamenei dijadwalkan akan memimpin doa di layanan pemakaman Presiden Raisi dan rombongannya yang tewas dalam kecelakaan helikopter, yang akan diselenggarakan di Universitas Tehran pada pukul 7 pagi pada hari Rabu, 22 Mei.

Sebuah helikopter yang membawa Presiden Raisi jatuh di hutan pegunungan barat laut pada 19 Mei.

Baca juga : Pakistan dan Rusia Turut Berpartisipasi dalam Pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi

Kecelakaan fatal tersebut terjadi ketika presiden kembali dari wilayah Khoda Afarin di provinsi Azerbaijan Timur Iran setelah meresmikan bendungan di perbatasan bersama dengan Republik Azerbaijan.

Kecelakaan tersebut menewaskan Presiden Raisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian, pemimpin salat Jumat Tabriz Ayatollah Mohammad Ali Al-e-Hashem, Gubernur Azerbaijan Timur Malek Rahmati, komandan tim keamanan presiden, dua pilot, dan kru penerbangan.

Presiden akan dimakamkan pada Kamis tengah hari di kota suci Mashhad di Iran timur laut, tempat makam suci Imam Reza (AS) berada.

Baca juga : Pemerintah Iran Ungkap Detail Kecelakaan Helikopter Presiden Ebrahim Raisi

Ayatollah Khamenei telah menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya presiden, menyatakan lima hari berkabung umum, dan menunjuk wakil presiden pertama sebagai pengelola kekuasaan eksekutif.

Prosesi pemakaman Presiden Iran, Ebrahim Raisi, dan tujuh orang lainnya yang tewas dalam kecelakaan helikopter dimulai di kota barat laut Tabriz pada hari Selasa.

Sebuah layanan pemakaman lain dijadwalkan akan diselenggarakan di kota suci Qom pada malam hari.

Baca juga : Kedubes Iran di Jakarta: Wafatnya Presiden Raisi tidak Ganggu Pemerintahan

Jenazah kemudian akan dipindahkan ke Tehran agar orang-orang dapat mengucapkan selamat tinggal kepada delapan martir di Grand Musalla Tehran pada malam hari.

Pada Rabu pagi, ritual Salat jenazah akan dilakukan untuk presiden dan rombongannya di Tehran dan orang-orang akan menghadiri prosesi pemakaman yang akan diselenggarakan dari Universitas Tehran ke Lapangan Azadi.

Pejabat asing dan delegasi tinggi akan menghadiri upacara penghormatan bagi para martir di Tehran pada Rabu malam. (Tasnim/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat