visitaaponce.com

Hamas Siap Terlibat dalam Proposal Gencatan Senjata Permanen yang Diusulkan AS

Hamas Siap Terlibat dalam Proposal Gencatan Senjata Permanen yang Diusulkan AS
Ilustrasi - Hamas menyatakan kesiapannya untuk terlibat secara positif dan konstruktif dengan proposal gencatan senjata permanen(UNRWA)

HAMAS mengatakan pihaknya siap untuk “terlibat secara positif dan konstruktif dengan proposal apa pun” berdasarkan “gencatan senjata permanen”.

“Hamas memandang positif pernyataan dalam pidato Presiden AS Joe Biden hari ini, dan seruannya untuk gencatan senjata permanen, penarikan pasukan pendudukan dari Jalur Gaza, rekonstruksi dan pertukaran tahanan,” kata sebuah pernyataan.

Hamas menambahkan pihaknya menginginkan “kembalinya para pengungsi ke rumah mereka di seluruh Gaza dan menyelesaikan kesepakatan pertukaran tahanan yang serius jika pendudukan [Israel] secara eksplisit berkomitmen untuk hal tersebut”.

Baca juga : Joe Biden Dorong Hamas Terima Proposal Baru Israel untuk Hentikan Perang di Gaza

“Kami menganggap posisi Amerika dan keyakinan regional dan internasional mengenai perlunya mengakhiri perang di Gaza adalah hasil dari ketabahan rakyat kami dan perlawanan mereka yang berani,” katanya.

Diketahui, Biden mendesak Hamas menerima proposal baru Israel untuk mengakhiri konflik di Gaza. Ia mengatakan mengatakan "sudah waktunya perang ini berakhir".

Proposal yang terdiri dari tiga bagian ini akan dimulai dengan gencatan senjata selama enam minggu. dan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) akan menarik diri dari wilayah berpenduduk Gaza.

Juga akan ada “lonjakan” bantuan kemanusiaan, serta pertukaran beberapa sandera dengan tahanan Palestina.

Kesepakatan itu pada akhirnya akan mengarah pada “penghentian permusuhan” permanen dan rencana rekonstruksi besar-besaran di Gaza. (Aljazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat