visitaaponce.com

Slovenia Mendukung Pengakuan Palestina Harapan Baru Bagi Rakyat Palestina

Slovenia Mendukung Pengakuan Palestina: Harapan Baru Bagi Rakyat Palestina
PM Slovenia, Robert Golob, telah mengakui negara Palestina, memperkuat harapan bagi rakyat Palestina yang tengah dijajah oleh Israel.(Akun X)

PERDANA Menteri Slovenia Robert Golob mengakui negara Palestina. Keputusan ini diharapkan dapat segera memerdekakan rakyat yang tengah dijajah Israel itu.

“Pengakuan hari ini terhadap Palestina sebagai negara yang berdaulat dan merdeka memberikan harapan kepada rakyat Palestina di Tepi Barat dan Gaza,” kata Perdana Menteri Slovenia Robert Golob dalam sebuah postingan di X setelah keputusan tersebut disahkan parlemen, dilansir dari Al Jazeera, Rabu (5/6).

Berbicara sebelum pemungutan suara, yang disetujui oleh parlemen Slovenia yang memiliki 90 kursi dengan 52 kursi mendukung pengakuan itu, Golob membandingkan pengalaman negaranya dengan nasib yang telah menimpa Palestina sejak 1948.

Baca juga : Slovenia Resmi Akui Negara Palestina

“Kami, orang Slovenia, telah memimpikan hak ini selama 1.000 tahun. Kami mendapatkannya 33 tahun lalu. Sayangnya, bangsa Palestina belum mendapatkan hak tersebut,” ujarnya.

Israel marah

Sebelumnya, Spanyol, Irlandia dan Norwegia memutuskan pengakuan seruap yang menjadikan 145 dari 193 negara anggota PBB mengakui negara Palestina.

Baca juga : PM Spanyol: Pengakuan Palestina, Satu-satunya Jalan Perdamaian di Timur Tengah

Dengan dekrit tersebut, Slovenia mengakui negara Palestina di wilayah yang ditetapkan oleh resolusi PBB pada 1967. Hampir 60% warga Slovenia mendukung pengakuan negara Palestina sementara 20% menentangnya, menurut jajak pendapat pada April terhadap 600 orang yang diterbitkan oleh harian Dnevnik.

Pekan lalu, Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz berharap anggota parlemen Slovenia akan menolak mengakui negara Palestina. Dia mengatakan keputusan itu menjadi hadiah bagi Hamas.

Hamas masih menyandera 120 dari 251 orang dengan 41 di antaranya tewas oleh serangan Israel. Pengeboman oleh Zionis juga telah menewaskan 36.550 orang di Gaza. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat