visitaaponce.com

PM Spanyol Pengakuan Palestina, Satu-satunya Jalan Perdamaian di Timur Tengah

PM Spanyol: Pengakuan Palestina, Satu-satunya Jalan Perdamaian di Timur Tengah
Pengakuan Spanyol atas negara Palestina(Shutterstock)

PERDANA Menteri (PM) Spanyol Pedro Sanchez pada Selasa (28/5) menegaskan bahwa pengakuan Negara Palestina adalah langkah penting dan satu-satunya jalan mencapai perdamaian di Timur Tengah.

Dilansir Al Jazeera, pernyataan Sanchez disampaikan sebelum pemungutan suara kabinet untuk secara resmi mengakui negara Palestina. Irlandia dan Norwegia akan mengambil langkah yang sama, sehingga memicu kemarahan Israel.

PM Spanyol menyebut langkah tersebut sebagai masalah keadilan sejarah.

Baca juga : Pengakuan Negara Palestina oleh Spanyol, Irlandia, dan Norwegia Memicu Reaksi Keras dari Israel

“Satu-satunya jalan menuju perdamaian adalah berdirinya negara Palestina, hidup berdampingan dengan negara Israel,” ujarnya.

“Negara Palestina harus bisa bertahan jika Tepi Barat dan Gaza dihubungkan melalui sebuah koridor dan dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya," sebutnya.

Spanyol tidak akan mengakui perubahan apa pun terhadap perbatasan sebelum tahun 1967 kecuali disetujui oleh kedua belah pihak.

Baca juga : Spanyol Segera Akui Negara Palestina

Tepi Barat yang diduduki, Yerusalem Timur dan Jalur Gaza termasuk di antara wilayah yang direbut Israel pada tahun 1967 dalam Perang Arab-Israel.

Kabinet Spanyol akan mengesahkan pengakuan resmi tersebut setelah pertemuan pada hari Selasa (28/5). Irlandia dan Norwegia diperkirakan akan mengikuti langkah tersebut.

Malta dan Slovenia juga menyatakan mereka akan mengambil langkah yang sama meski tidak segera memutuskan.

Baca juga : Spanyol Dorong Uni Eropa Ciptakan Perdamaian di Gaza, Jangan Pakai Cara Militer

Para pemimpin Spanyol, Irlandia, Malta dan Slovenia mengatakan pada Maret lalu bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk mengakui negara Palestina sebagai kontribusi positif dalam mengakhiri perang di Gaza, yang memicu kemarahan Israel.

Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz menuduh Sanchez menjadi mitra penghasutan untuk genosida Yahudi.

Dalam komentarnya di X, Katz menarik persamaan antara Wakil Perdana Menteri Kedua Spanyol Yolanda Diaz di satu sisi dan Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei dan pemimpin Hamas Gaza Yahya Sinwar di sisi lain setelah seruannya untuk kemerdekaan Palestina dari sungai ke laut.

Baca juga : Abbas Tekankan Pentingnya Hak Palestina dalam Pidato PBB

Spanyol, Irlandia dan Norwegia mengumumkan rencana mereka untuk secara resmi mengakui Palestina pekan lalu. Tindakan itu, mendorong Israel untuk menarik duta besarnya dari ketiga negara tersebut.

Palestina sudah diakui oleh 144 negara lain. Dari 27 anggota Uni Eropa, Swedia, Siprus, Hongaria, Republik Ceko, Polandia, Slovakia, Rumania dan Bulgaria telah mengakui negara Palestina.

Inggris dan Australia mengatakan mereka sedang mempertimbangkan pengakuan tersebut. Namun Prancis mengatakan sekarang bukan saatnya, sementara Jerman bergabung dengan sekutu setia Israel, Amerika Serikat (AS), dalam menolak pendekatan unilateral dan bersikeras bahwa solusi dua negara hanya dapat dicapai melalui dialog. (Aljazeera/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat