visitaaponce.com

Serikat Buruh Gaza Bangun Solidaritas untuk Kemerdekaan Palestina

Serikat Buruh Gaza Bangun Solidaritas untuk Kemerdekaan Palestina
Ketua Serikat Buruh di Gaza bertemu Ketum DPP KSPSI(KSPSI)

KETUA serikat buruh di Gaza, Palestina, Khalil Zayan berkunjung ke Ketua Umum DPP KSPSI Jumhur Hidayat setibanya dari kegiatan Kongres Buruh Sedunia di Jenewa, Swiss. Pada kesempatan itu, Zayan ditemani oleh Zied Boumakhla selaku Wakil Sekretaris Jenderal Koalisi Global untuk Al-Quds dan Palestina.

Dalam pertemuan Jumat itu, Khalil bercerita seputar penderitaan kaum buruh di Gaza yang mencapai 250 ribu orang, terdiri dari 50 ribu orang pegawai pemerintan dan sisanya sekitar 200 ribu orang adalah buruh sektor swasta.

Karena sektor swasta saat ini mengalami kondisi lumpuh total, Khalil mendapat amanah atas nama seluruh buruh di Gaza untuk membangun solidaritas buruh untuk kemerdekaan Palestina. Upaya ini termasuk untuk mengurangi penderitaan kaum buruh yang sudah tidak berpenghasilan.

Baca juga : AS Jatuhi Sanksi untuk Israel

“Tentara Israel mendatangi rumah-rumah sakit dan langsung membunuh dengan cara menembaki para tenaga kesehatan yang jumlahnya sekitar 500 orang,” ungkap Khalil dengan nada sedih dan marah.

Dalam responsnya, Jumhur menyebut aksi militer Israel di Gaza bukanlah perang biasa melainkan genosida atau pemusnahan suatu kaum atau etnis dari muka bumi.

“Sangat biadab, kok bisa di tengah-tengah dunia yang menjunjung tinggi hak asasi manusia, ada kejadian genosida di Gaza, dan yang lebih memprihatinkan lagi tindakan pencegahan dari para pemimpin dunia belum cukup nyata. Walau sudah ada beberapa negara Barat yaitu Spanyol, Norwegia dan Irlandia yang memberi dukungan dan pengakuan bahwa Palestina negara merdeka, masih banyak yang bersikap standar ganda khususnya dalam menyikapi Gaza, Palestina,” kata Jumhur.

Baca juga : Indonesia akan Tampung 1.000 Warga Gaza

Seperti diberitakan, berbagai resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Palestina diabaikan oleh Israel. Dengan kata lain, kata Jumhur, Israel dan sekutu-sekutunya menganggap PBB tidak ada sehingga tidak perlu dipatuhi.

Dalam pertemuan itu, Jumhur juga menyampaikan kepada utusan serikat buruh di Gaza bahwa saat di Jenewa, berbagai serikat buruh di dunia mengecam tindakan brutal dan antikemanusiaan di Gaza.

Salah satu konfederasi internasional yaitu International Labor Confederation (ILC) yang berpusat di Istanbul, Turki, bahkan mengadakan pertemuan khusus di kompleks Organisasi Buruh Dunia (ILO) di Jenewa untuk memastikan solidaritas kepada Palestina terus ditingkatkan.

“Berbagai konfederasi serikat buruh dari berbagai belahan dunia termasuk KSPSI berkumpul dalam acara ILC demi menyatukan komitmen dan langkah bersama bagi kemerdekaan Palestina, dan juga penghentian kekerasan yang brutal dan tidak berperikemanusiaan khususnya di Gaza,” pungkas Jumhur. (B-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Haufan Salengke

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat