visitaaponce.com

Tim SAR Gabungan Cari Korban Tanah Longsor di Padalarang Bandung Barat

Tim SAR Gabungan Cari Korban Tanah Longsor di Padalarang Bandung Barat
Warga membantu pencarian korban longsor di Kampung Cimanggu, Padalarang, Bandung Barat.(Dok. MI)

TIM SAR Gabungan melakukan pencarian korban tanah longsor di Kampung Cimanggu, RT 01 RW 16, Desa Campaka Mekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (27/4).

Korban bernama Opa, tertimbun longsor pada Jumat (26/4) saat menggarap sawah. Informasi yang dihimpun, Opa berasal dari Kampung Tangkil, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikalongwetan.

"Dia bukan warga kami, kebetulan desanya berdekatan dengan kita. Hanya lokasi kejadiannya di Desa Campaka Mekar," kata Kepala Desa Campaka Mekar, Acep Arifin.

Baca juga : Tim SAR Temukan 2 Korban Meninggal Akibat Longsor di Garut

Sejak tersiar kabar seorang warga tertimbun longsor, warga langsung melakukan pencarian pada Jumat sore namun belum membuahkan hasil.

Acep menyebutkan, bencana di Desa Campaka Mekar terjadi di beberapa titik salah satunya di RT 01 RW 05 yang menyebabkan rumah warga ambruk dan menimpa seorang perempuan bernama Waridah.

"Korban (Waridah) selamat dan sudah dievakuasi, sekarang dalam perawatan di rumah sakit. Secara keseluruhan, di Campaka Mekar terjadi longsor di sembilan titik di antaranya jalan tertutup longsor, rumah ambruk, dan warga yang tertimbun," tuturnya.

Baca juga : 44 Orang Tertimbun dalam Tanah Longsor di Provinsi Yunnan, Tiongkok

Komandan Tim SAR Bandung, Idham Pratama menjelaskan, hingga Sabtu siang pihaknya belum berhasil menemukan tubuh korban tertimbun longsor di Kampung Cimanggu.

"Belum ada hasil, kendala yang dihadapi antara lain minimnya alat berat karena tidak memungkinkan dikerahkan ke lokasi. Kedua, kendala cuaca," ungkap Idham.

Sehingga Tim SAR terpaksa harus melakukan pencarian dengan alat seadanya seperti cangkul dan sekop. "Luas area pencarian kurang lebih 50 meter," bebernya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat