visitaaponce.com

Pegiat Arung Jeram Berkegiatan di Sungai Cimanuk Garut

Pegiat Arung Jeram Berkegiatan di Sungai Cimanuk Garut
Para pegiat arung jeram beraksi di Sungai Cimanuk Garut.(DOK/DISKOMINFO GARUT)

SEBANYAK 80 peserta penggiat arus deras Indonesia menggelar halalbihalal dengan melaksanakan kegiatan arung jeram, perahu karet, boarding dan kayak di Sungai Cimanuk, Kabupaten Garut, dengan jarak sejauh 9 kilometer.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Indonesian Riverboarding Association (IRA). Pesertanya berasal dari berbagai daerah seperti Garut, Bandung, Tasikmalaya, dan Yogyakarta.

Arung jeram yang dilakukan pada 4-5 Mei.  Para penggiat terlebih menginap di Edu Wisata Perlebahan Gunung Guntur.

Baca juga : Garut Perpanjang Masa Tanggap Darurat Pergerakan Tanah dan Tanah Longsor

Mereka juga membahas prosedur keamanan, melakukan pengarungan, berbagi pengalaman, hiburan dan diakhiri doa bersama untuk penggiat yang telah meninggal dunia.

Para peserta melakukan pengarungan di Sungai Cimanuk mulai dari Kampung Jager, Desa Sukaratu hingga mencapai garis finish di Kampung Patrol, Desa Dangdeur, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. Para peserta secara khusus langsung diantar dan dijemput ke lokasi pengarungan menggunakan mobil Pesona Garut (Sonagar).

Ketua Pelaksana Husni Dinika mengatakan, kegiatan ini didukung Bank BJB sebagai sponsor utama. Diharapkan kegiatan ini dapat memperkuat tali persaudaraan antar penggiat arus deras dan mempromosikan wisata arung jeram.

Baca juga : Dampak Gempa Garut: 151 Rumah Rusak, Kerugian Capai Rp 3 miliar

"Kegiatan ini menjadi momentum bagi semua penggiat arus deras untuk semakin merajut tali kebersamaan dan persaudaraan antar sesama penggiat. Kami berharap kegiatan ini menjadi ajang promosi wisata bagi Kabupaten Garut, khususnya wisata arung jeram," tandasnya.

Lokasi arung jeram di Kabupaten Garut sudah terkenal sejak lama bahkan sering dijadikan lokasi pertandingan baik tingkat kabupaten maupun provinsi. "Mudah-mudahan momen ini bisa menjadi salah satu ajang promosi wisata dan menarik pengunjung datang ke Kabupaten Garut," katanya, Kamis (9/5).

Seorang peserta, Krisna Bintang, 23, warga Yogyakarta mengatakan, kegiatan yang telah diselenggarakan oleh IRA ini sangat bisa dinikmati. Kegiatan ini sangat menyenangkan.

"Pemerintah daerah bisa memanfaatkan venue arung jeram ini sebagai aset dan bisa dijadikannya sebagai kawasan wisata olah raga," tandasnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat