visitaaponce.com

Tips Berlari Saat Puasa Strategi Menjaga Kesehatan dan Kenyamanan

Tips Berlari Saat Puasa: Strategi Menjaga Kesehatan dan Kenyamanan
Warga sedang berlari di GBK di Malam hari(MI/RAMDANJ)

BERLARI pada saat bulan puasa apakah boleh? Pertanyaan itu sering terlontarkan masyarakat. Jawabannya tentu saja boleh loh Jel's. Puasa bukan saat untuk berhenti olahraga. 

Berlari saat berpuasa tentunya memiliki tantangan tersendiri. Kondisi tubuh yang sedang berpuasa akan berbeda jika dalam keadaan tidak berpuasa. 

Berolahraga kala berpuasa perlu siasat sendiri Jel's. Dengan strategi yang tepat, puasa bisa tetap lancar, badan tetap bugar dan tidak cedera saat berlari.

Baca juga : J99 Corp Berbagi di Bulan Suci

Berikut sejumlah tips yang bisa diterpakn bagi Jel's yang ingin tetap lari di bulan Ramadan.

1. Sesuaikan waktu

Pemilihan waktu berlari saat puasa tentunya menjadi satu pertimbangan utama. Waktu terbaik untuk berlari saat puasa biasanya pada sore hari satu jam jelang berbuka puasa atau setelah berbuka puasa. 

Baca juga : Pentingnya Menjaga Kesehatan Saat Puasa

Jika memilih setelah berbuka puasa, pastikan jangan terlalu kenyang. Bila terlalu kenyang, akan membuat perut tidak nyaman saat berlari. 

Opsi lainnya, berlari di pagi hari setelah sahur. Namun pilihan waktu ini biasanya dilakukan mereka yang sudah terlatih ya Jel's.

2. Perhatikan kondisi cairan tubuh 

Baca juga : Indra MasterChef Indonesia Bagikan Resep Camilan untuk Berbuka Puasa

Saat berlari, perlu diperhatikan kondisi cairan tubuh.Berlari di waktu yang kurang tepat, seperti siang hari, dapat menyebabkan dehidrasi yang berpotensi berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda. 

Berlari jelang waktu berbuka puasa bisa menjadi pilihan yang tepat. Jel's biasa langsung mengganti cairan yang hilang begitu azan berbunyi. Jika Jel's memilih  berlari setelah berbuka puasa, pastikan tidak mengonsumsi cairan secara berlebihan agar tetap menjaga kenyamanan selama berlari. 

Dengan memperhatikan asupan cairan secara bijak, Jel's dapat memastikan aktivitas lari tetap optimal dan menyenangkan.

Baca juga : Sentul City Tawarkan Destinasi Wisata Religi saat Ramadan

3. Perhatikan durasi dan jarak berlari 

Durasi dan jarak berlari sangat penting. Tidak ada salahnya untuk mengurangi durasi dan jarak berlari Jel’s, sehingga bisa menjaga kebugaran dalam berlari meski sedang berpuasa. Meski begitu jangan lupa pemanasan dan pendinginan ya Jel's.

4. Mengganti Lari dengan olahraga ringan lainnya 

Baca juga : Anies Baswedan Buka Puasa di NasDem Tower

Jel’s bisa menurunkan frekuensi berlari. Bila sebelumnya seminggu 3 kali, menjadi 1 kali dalam seminggu. Atau Jel's bisa menggantinya dengan olahraga yang lain yang jauh lebih ringan. Melakukan Work Out, Yoga atau pilates bisa menjadi alternatif. 

Nah, bagaimana Jel’s, tertarik untuk melakukan tips ini?

Semoga tips ini bisa membantu Jel’s yang sedang mempertimbankan pola olahraga berlari saat bulan puasa. Sejatinya berpuasa tidak menghalangi kita untuk tetap berolahraga. Hanya Jel's perlu mengatur pola berolahraga, sehingga puasa lancar dan badan bugar. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Berlin Dewan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat