visitaaponce.com

Ini Manfaat Main Hujan untuk Anak

Ini Manfaat Main Hujan untuk Anak
Ilustrasi(Freepik)

MAIN hujan menjadi salah satu favorit anak-anak. Namun, sebagian orang tua masih ragu, bahkan cemas main hujan akan membuat si kecil sakit. Karenanya, mereka cenderung melarang. Padahal, kegiatan mengasyikkan itu membawa sejumlah manfaat, lho.

Dokter spesialis ilmu kesehatan anak dari Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) – Bintaro Jaya, dr. Nitish Basant Adnani, Sp.A, mengungkapkan, sejumlah sumber menyatakan bermain di tengah hujan dapat memberikan manfaat positif bagi anak, baik dari aspek kesehatan fisik, maupun perkembangan anak secara keseluruhan. Manfaat itu misalnya, melatih kemampuan motorik dan sensoris anak. 

Ketika si kecil bermain di bawah hujan, dia akan melompat kegirangan, berlarian, menggerakkan seluruh tubuhnya. Ia mungkin akan mendongakkan wajah ke atas dan menadah hujan dengan tangan. Kegiatan tersebut akan merangsang sistem motorik dan melatih kemampuan fisiknya hingga lebih optimal.

Baca juga : Bermain Bersama Keluarga Bisa Cegah Anak Ketergantungan pada Gawai

Kemudian, tetesan air, bunyi gemericik air hujan, aroma tanah basah, dan perubahan dari kering ke basah di kulitnya juga dapat merangsang berbagai pancaindra anak. Hal ini membantu pengembangan sistem sensoris dan pemahaman anak terhadap lingkungan sekitar.

“Kreativitas dan imajinasi anak-anak pun akan terstimulasi. Main hujan memberikan anak pengalaman bermain di alam. Kegembiraan yang dirasakan akan mengurangi rasa cemas, dan yang pasti kegiatan tersebut akan mengurangi screen time (durasi bermain gawai),” ungkap dr. Nitish. 

Kendati demikian, paparan air hujan juga berisiko membawa kuman penyakit. Oleh karena itu, lanjut dr. Nitish, orang tua perlu membatasi waktu paparan air hujan pada anak, yakni maksimal 30 menit. Itu pun dengan lebih dulu memastikan kondisi tubuh anak betul-betul fit. Selain itu, pastikan anak bermain hujan di lingkungan yang bersih. Mengingat, daya tahan tubuh anak belum sekuat orang dewasa. Lalu, jangan lengah, selalu awasi anak saat bermain hujan untuk berjaga-jaga kalau-kalau dia tergelincir atau jatuh. 

“Setelah si kecil selesai bermain hujan, segera lepas pakaian yang basah, lalu mandikan dengan air hangat dan sabun. Hal ini juga berlaku ketika anak tidak sengaja kehujanan,” pungkas dr. Nitish. (B-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eni Kartinah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat