visitaaponce.com

Pengertian Musim dan Pembagian Musim di Indonesia

Pengertian Musim dan Pembagian Musim di Indonesia
Hujan.(Antara/Yulius Satria Wijaya.)

PERGANTIAN musim berlaku untuk setiap negara. Namun ada yang memiliki empat musim dan ada yang dua. Indonesia salah satunya negara yang memiliki dua musim. 

Mari kita pahami terlebih dahulu makna dan jenis dari musim yang dirangkum oleh Media Indonesia. 

Apa yang dimaksud dengan musim?

Musim adalah suatu peristiwa di Bumi berkaitan dengan keadaan iklim serta berubah dalam jangka waktu yang ditentukan dalam setahun. Perubahan musim dapat dilihat dari negara yang beriklim subtropis dan tropis. 

Baca juga: Manfaat Energi Matahari bagi Manusia, Hewan, Tumbuhan

Bagi negara yang beriklim subtropis akan mengalami pergantian musim sebanyak empat kali. Sedangkan negara yang beriklim tropis mengalami pergantian musim sebanyak dua kali. Dalam satu tahun, wilayah Bumi dibedakan menjadi empat musim, yaitu musim dingin, musim semi, musim panas, dan musim gugur.

Secara ilmiah, pergantian musim disebabkan Bumi mengelilingi Matahari dan melakukan rotasi pada porosnya. Musim berganti, selain karena ada perubahan cuaca, dipengaruhi juga oleh ekologi dan bantuan cahaya matahari. 

Letak astronomis Indonesia di daerah yang beriklim tropis. Indonesia juga terletak di antara dua benua, yakni Asia dan Australia. Ini menyebabkan Indonesia memiliki pola arah angin yang selalu berganti setiap setengah tahun sekali, yakni angin musim barat dan angin musim timur. 

Baca juga: Ciri-Ciri dan Fungsi Jaringan Epidermis pada Tumbuhan

Musim diartikan juga sebagai waktu tertentu yang berkaitan dengan keadaan iklim. Selain itu, musim merupakan periode suatu wilayah dalam waktu setahun yang dibedakan oleh kondisi iklim.

Dari penjelasan di atas, Indonesia termasuk dalam negara tropis yang memiliki dua kali pergantian musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Lantas, apa saja pengertian dari jenis dua musim tersebut, cara membedakannya, dan peran musim? 

Pembagian musim di Indonesia 

Pembagian musim di Indonesia menjadi dua bagian yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Keduanya merupakan sifat dari musim tropis. Berikut penjelasan dua jenis pembagian musim di Indonesia.

Baca juga: Mengenal Tata Nama Biologi serta Daftar Nama Ilmiah Tumbuhan dan Hewan

1. Musim kemarau.

Musim kemarau di Indonesia terjadi pada April-Oktober. Dalam rincian prediksi yang dikeluarkan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) pada Maret 2022, dari total 342 zona musim di Indonesia, sebanyak 29,8% diprediksi mengawali musim kemarau pada April.

Musim kemarau adalah kondisi yang terjadi di wilayah Indonesia dengan ciri utama turunnya curah hujan yang signifikan. Pada kondisi ini, kerap terjadi bencana kekeringan dan kekurangan air.

Musim kemarau dipengaruhi oleh gerakan angin muson timur yang melintasi Indonesia. Angin muson adalah angin yang bertiup dari belahan bumi utara yang menjadikan benua Australia menjadi dingin sehingga tekanan udaranya meningkat. Kondisi tersebut menjadikan suhu di kawasan benua Asia meningkat dengan tekanan udara rendah.

Angin yang berasal dari gurun di Australia punya sifat panas dan kering. Jika angin itu tertiup ke Indonesia akan menyebabkan musim kemarau.

2. Musim penghujan.

Musim penghujan di Indonesia terjadi pada Oktober-April. Curah hujan rata-rata di Indonesia mencapai 1.600 mm setiap tahun. 

Namun sebaran curah hujan tersebut tidak merata di setiap wilayah. Misalnya, di wilayah Palu dan Timor hanya mengalami curah hujan 500 mm hingga 700 mm per tahun. Sedangkan di wilayah utara seperti Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Jambi Riau, Bengkulu, dan wilayah Jawa Barat seperti Bogor dan Bandung memiliki curah hujan yang sangat tinggi.

Selain itu, di Indonesia mengenal siklus 3 tahun sampai 5 tahun yang disebut El Nino. Fenomena ini menyebabkan musim kemarau yang lebih lama daripada biasanya. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat