visitaaponce.com

Suhu Dingin Tiongkok Capai Rekor Paling Ekstrem

Suhu Dingin Tiongkok Capai Rekor Paling Ekstrem
Seorang penduduk tertutup embun beku saat berolahraga di luar ruangan saat cuaca dingin di Shenyang, Tiongkok, Rabu (20/12).(AFP)

SUHU udara seluruh kota-kota di Tiongkok mencapai rekor terendah pada Kamis (21/12), ketika pihak berwenang mengeluarkan peringatan akan terjadinya cuaca ekstrem yang terus-menerus di wilayah negara tersebut.

Kantor cuaca nasional setempat mengatakan dalam sebuah unggahan di media sosial bahwa lebih dari 20 stasiun mencatat suhu terendah sepanjang masa di bulan Desember pada dini hari Kamis.

Termasuk di Hohhot, ibu kota wilayah Mongolia Dalam bagian utara, yang mencatat suhu -29,1 derajat Celcius atau -20,4 Fahrenheit yang memecahkan rekor selama hampir 70 tahun.

Baca juga : Tiongkok Dilanda Gelombang Dingin dan Salju Ekstrem

Pihak berwenang telah mengeluarkan peringatan akan suhu rendah di wilayah yang luas di Tiongkok utara, timur dan tenggara.

Suhu dingin yang brutal ini terjadi setelah musim panas yang memecahkan rekor panas dan banjir besar di bagian utara negara tersebut.

Para ahli memperingatkan bahwa pemanasan global yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca membuat cuaca ekstrem menjadi lebih mungkin terjadi.

Baca juga : Volvo Bidik Asia Pasifik, Bangun Pusat Baterai di Shanghai

Rekor suhu rendah kembali terjadi di seluruh Tiongkok pada hari Kamis, saat negara ini mengalami cuaca dingin yang terus-menerus yang telah menjadi puncak dari tahun cuaca ekstrem.

Kantor cuaca pada hari Rabu mengatakan bahwa lima stasiun telah mencatat suhu terendah sepanjang masa, termasuk suhu -33.2C atau -27.8F yang menusuk tulang di kota utara Datong.

Di provinsi Gansu barat laut, di mana gempa bumi pada hari Senin menewaskan lebih dari 130 orang, para penyintas telah menghabiskan beberapa malam yang dingin di luar ruangan di tenda-tenda darurat. (AFP/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat