visitaaponce.com

Rekomendasi 8 Jenis Suplemen yang Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Rekomendasi 8 Jenis Suplemen yang Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Jenis suplemen yang bisa bikin badan bugar(Freepik)

KEKEBALAN tubuh merupakan pertahanan utama tubuh manusia terhadap berbagai penyakit dan infeksi. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, selain pola makan sehat dan gaya hidup yang seimbang, penggunaan suplemen juga dapat menjadi pilihan.

Nah artikel kali ini kita akan membahas tentang 8 suplemen tersebut. Namun, sebelum membahasnya lebih lanjut perlu untuk diketahui bersama, kekebalan tubuh manusia yang dibutuhkan tidak bisa diukur secara langsung dalam satuan porsi seperti halnya makanan. Kekebalan tubuh merupakan sistem kompleks yang melibatkan berbagai faktor, termasuk genetik, pola makan, gaya hidup, lingkungan, dan faktor-faktor lainnya.

Dengan begitu berikut ini dalah 8 suplemen yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh:

Baca juga : 10 Cara Merawat Kulit Wajah agar Terhindar dari Jerawat

1. Vitamin A

Vitamin ini merupakan pertahanan utama tubuh terhadap infeksi, khususnya infeksi saluran pernapasan. Selain itu, vitamin A memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

2. Vitamin B6

Piridoksin, atau vitamin B6, mendukung produksi sel darah putih dan sel T, yang merupakan komponen penting dalam respons imun tubuh. Vitamin ini juga membantu dalam pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh.

3. Vitamin C

Dikenal sebagai penangkal penyakit, vitamin C membantu mempersingkat durasi masuk angin dan melawan kerusakan oksidatif akibat radikal bebas.

Baca juga : Konsumsi 6 Air Rebusan Ini Ampuh Turunkan Gula Darah

4. Vitamin D

Selain mendapatkannya dari sinar matahari, vitamin D juga dapat melindungi tubuh dari serangan pilek dan flu, serta mendukung penyerapan kalsium dan fosfor yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi.

5. Selenium

Antioksidan ini menjaga keseimbangan sistem kekebalan tubuh, terutama bagi individu yang aktif di luar ruangan, serta meningkatkan respons tubuh terhadap flu.

6. Zinc

Kadar zinc yang cukup menjaga sistem kekebalan tubuh dari risiko peradangan, yang dapat memicu berbagai masalah kesehatan.

Baca juga : Kendalikan Diabetes dengan Gaya Hidup dan Pola Makan Sehat

7. Probiotik

Suplemen probiotik melindungi sistem pencernaan, terutama usus, dari serangan penyakit. Beberapa suplemen probiotik juga mengandung prebiotik, yang merupakan makanan bagi bakteri sehat di usus.

8. Kolostrum

Kolostrum, zat yang diproduksi oleh ibu sebelum menghasilkan ASI, dapat ditemukan dalam bentuk suplemen yang berasal dari sapi perah. Kandungan imunoglobulin tinggi dalam kolostrum membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri dan virus, serta mengurangi keparahan infeksinya.

Nah, selain dari suplemen yang disebutkan iatas, untuk menjaga kekebalan tubuh tetap optimal, penting untuk memperhatikan beberapa hal seperti:

  1. Pola makan sehat yang mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin, mineral, protein, dan lemak sehat.
  2. Aktivitas fisik yang cukup untuk menjaga kesehatan jantung, metabolisme, dan sistem kekebalan tubuh.
  3. Istirahat yang cukup untuk memungkinkan tubuh beristirahat dan memperbaiki diri sendiri.
  4. Menghindari stres berlebihan, karena stres kronis dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.
  5. Menghindari konsumsi alkohol berlebihan dan merokok, karena kedua hal tersebut dapat merusak sistem kekebalan tubuh.
  6. Demikian penjelasan tentang suplemen yang bisa kalian konsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, penting untuk diingat bahwa suplemen tidak boleh menggantikan pola makan sehat dan gaya hidup yang seimbang.

Konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan dan keadaan tubuh Anda. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat