visitaaponce.com

Risiko Mematikan, RSV Jadi Penyebab Pneumonia Utama pada Balita

Risiko Mematikan, RSV Jadi Penyebab Pneumonia Utama pada Balita
Seorang anak penderita pneumonia mendapatkan perawatan medis.(AFP/MUNIR UZ ZAMAN )

MERUJUK data World Health Organization (WHO) 2019, pneumonia memicu 14% dari kematian anak di bawah usia lima tahun yang mencapai 740.180 jiwa kematian.

Data Unicef juga menyebut di Indonesia, pneumonia menjadi penyebab kematian terbesar pada anak di bawah lima tahun (balita), dengan perkiraan 19.000 anak meninggal pada 2018. Secara estimasi global menyebut setiap jam, ada 71 anak di Indonesia terkena pneumonia.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Respirologi Prof dr Cissy Kartasasmita SpA (K) MSc PhD mengatakan penyakit ini sebagai the silent killer bagi anak usia balita.

Baca juga : Upaya Pencegahan Pneumonia pada Anak 

"Pneumonia terjadi karena peradangan paru-paru akibat infeksi bakteri, virus, atau jamur yang mengakibatkan sesak napas, anak sulit bernapas, serta menyebabkan demam, batuk dengan lendir bening ataupun berwarna kuning, hijau, atau bercampur darah," jelas dia.

Menurut Cissy, gejala awal pneumonia sulit dibedakan dengan penyakit saluran pernapasan lain. "Seringkali terlewatkan, sehingga penting bagi orang tua untuk mengenali berbagai gejala awal dan faktor risiko pneumonia,” ungkapnya.

Penyebab pneumonia, salah satunya ialah respiratory syncytial virus (RSV). Virus ini ialah penyebab utama pneumonia. Merujuk data empat penelitian lokal menunjukkan RSV adalah virus yang muncul setiap tahun.  Puncaknya terjadi pada minggu ke-48 (awal Desember) hingga minggu 16 (akhir Maret). Namun, para ahli masih yakin hal ini akan mengikuti flu yang berlangsung sepanjang tahun.

Baca juga : Polusi Udara Dipastikan Tingkatkan Risiko Radang Paru

Faktor risiko utama infeksi RSV parah ialah bayi prematur, bayi dengan kelainan bawaan seperti jantung bawaan, bayi dengan brocho pulmonary displasia (BPD) dan bayi dengan kelainan celebral palsy (CP).

Diperkirakan 2,02% insiden bayi yang lahir prematur berisiko tinggi terinfeksi RSV. Mortalitas pada bayi prematur berisiko tinggi hingga mencapai 3% ketimbang laju kematian covid-19 pada anak-anak yakni 0,4%. "Artinya risiko terkena RSV lebih tinggi pada bayi prematur. Indonesia memiliki angka kelahiran prematur tinggi sekitar 10%,” jelas Cissy.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2018, prevalensi angka kelahiran prematur di Indonesia 2018 sebanyak 29,5% per 1.000 kelahiran hidup. Indonesia berada pada posisi ke-5 tertinggi di dunia untuk persalinan prematur yakni sekitar 657.700 kasus.

Baca juga : Yuk Kenali Gejala Pneumonia pada Anak

Karenanya, Cissy menilai penting bagi masyarakat untuk mengetahui apa RSV dan mencegah kelahiran prematur untuk mengurangi risiko kematian bayi. Hal lain yang diwaspadai yakni pneumonia akibat virus biasanya tidak menimbulkan gejala berat, tapi waktu penyembuhan lebih lama.

Penularan pneumonia bisa melalui dropet atau percikan air liur. Pencegahan bisa rajin dengan mencuci tangan, menjaga sirkulasi udara di rumah, mengurangi paparan polusi udara, dan memberikan monoclonal antibodi untuk bayi, terutama bayi prematur.

Adapun kekebalan untuk penyakit pneumonia karena infeksi bakteria bisa melalui vaksin DPT, Hepatitis B dan A, dan HiB. Untuk pneumonia akibat infeksi virus adalah vaksin Polio, MR/MMR, dengue, influenza dan cacar air, yang dapat melindungi anak dari penyakit tersebut.

Center for Disease Control and Prevention (CDC) sudah merekomendasikan perlindungan bayi dengan antibodi monoklonal RSV. "Untuk itu, penting bagi pemerintah dan kita semua meningkatkan upaya menjaga kesehatan bayi prematur agar tetap sehat, edukasi pencegahan pneumonia serta meningkatkan daya tahan tubuh bayi dengan imunisasi sesuai jadwal.” pungkas Cissy. (H-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat