visitaaponce.com

Krisis Lahan Pemakaman Jenazah Covid Bukan Hanya di Jakarta

Krisis Lahan Pemakaman Jenazah Covid Bukan Hanya di Jakarta
Pemakaman jenazah pasien Covid-19 di TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur.(MI/Kisar Rajagukguk)

WAKIL Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan, masalah krisis lahan pemakaman jenazah pasien Covid-19 bukan hanya terjadi di Ibu Kota, melainkan juga di daerah-daerah lainnya.

Bahkan di dunia masalahnya juga sama, yaitu terbatas lahan terutama selama musim pandemi Covid-19. Karena Covid-19 melanda dunia, bukan hanya Indonesia umumnya dan Jakarta khususnya.

"Masalah krisis makam memang secara umum, enggak cuma di Jakarta, di dunia pasti menghadapi masalah tanah. Bukan hanya Jakarta, tapi Ibu Kota di seluruh dunia memiliki kompleksitas tersebut, tanah untuk gedung, jalan, waduk, termasuk untuk pemakaman," kata Ariza sapaan akrab Ahmad Riza Patria, di Jakarta, Sabtu (23/1).

Ariza mengakui angka kematian akibat Covid-19 di Ibu Kota mulai meningkat sehingga memengaruhi ketersediaan lahan pemakaman.

Kini, lanjutnya, pemakaman untuk jenazah pasien Covid-19 tersedia di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur, TPU Tegal Alur, Jakarta Barat, dan TPU Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

Sebagai solusi meski lahan terbatas, ungkap Ariza, TPU Rorotan kini sudah menyiapkan sebanyak 1.500 petak untuk makam jenazah korban Covid-19.

Baca Juga: Lahan Pemakaman semakin Terbatas

Menurut Ariza, Pemprov DKI sedang menyiapkan sejumlah cara untuk mengatasi krisis lahan pemakaman jenazah pasien Covid-19. Salah satunya adalah menyiapkan lima TPU khusus Covid-19 di wilayah DKI Jakarta.

"Pemprov DKI Jakarta sudah menambah luasan pemakaman di beberapa tempat seperti Srengseng Sawah, Bambu Wulung, Semper, Joglo, dan pemakaman umum lainnya. Di beberapa titik tersebut disiapkan tempat pemakaman untuk Covid-19 termasuk di Rorotan," jelas Ariza.

Karena itu, tambahnya, pihaknya meminta warga tidak perlu panik menanggapi kabar krisis lahan pemakaman.  "Sekali lagi, warga Jakarta tidak perlu khawatir, memang semuanya ada peningkatan yang luar biasa. Tapi kami terus mengupayakan berbagai dukungan fasilitas sebaik mungkin, termasuk lahan pemakaman," ungkapnya.

Lebih mengkhawatirkan, menurut Ariza, contoh lahan di TPU Srengseng baru dibuka delapan hari, sisa liang di TPU Srengseng Sawah diprediksi habis besok. (OL-13)

Baca Juga: DKI Diminta Segera Siapkan Lahan Pemakaman Alternatif

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat