visitaaponce.com

Pemprov DKI Klaster Mudik Terlihat Dua Pekan Lagi

Pemprov DKI: Klaster Mudik Terlihat Dua Pekan Lagi
Ilustrasi arus balik(Antara)

WAKIL Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan, potensi peningkatan kasus Covid-19 sebagai dampak dari mudik Lebaran 2021 akan terlihat jelas dalam dua minggu ke depan. Sebab, penyekatan arus balik mudik diperpanjang hingga 31 Mei lalu.

“Sejauh mana dampak arus mudik dan arus balik terhadap penularan penyebaran di DKI, kita akan lihat. Nanti datanya akan lebih jelas dalam dua minggu ke depan,” ujar Riza, di Jakarta, Kamis (3/6).

Hingga saat ini, lanjut Riza, kasus Covid-19 di Jakarta masih terkendali. Meski terjadi peningkatan kasus Covid-19, tidak signifikan dan bisa ditangani dengan baik.

“Dua minggu mendatang kita baru bisa mengambil kesimpulan seberapa besar dampak daripada arus balik dan arus mudik,” ungkapnya.

Menurut Riza, peningkatan kasus Covid-19 belakangan ini terjadi karena dua alasan mendasar yakni mudik dan silahturahmi Lebaran 2021.

 

Riza menegaskan, pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin dengan berbagai imbaun, regulasi, sanksi, dan aparat untuk mengendalikan lonjakan kasus Covid-19 akibat mudik dan silahturahmi Lebaran.

 

“Kalau zona merah terkait Covid-19 (perkembangan terakhir) sudah ada. Semuanya zona oranye, kuning, dan hijau. Alhamdullilah, Jakarta tidak masuk zona merah dan itu kerja sama kita semua,” ungkap Riza.

 

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, jumlah kasus aktif Covid-19 di Jakarta sebanyak 10.639 kasus (orang yang masih dirawat/isolasi). Untuk rate tes PCR total per 1 juta penduduk sebanyak 375.217 orang. Jumlah orang yang dites PCR sepekan terakhir sebanyak 63.029 orang.

 

Adapun jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 secara total di Jakarta sampai hari ini sebanyak 431.179 orang. Dari jumlah total kasus positif, orang yang dinyatakan telah sembuh sebanyak 413.179 dengan tingkat kesembuhan 95,8%, dan total 7.361 orang meninggal dunia dengan tingkat kematian 1,7%, sedangkan tingkat kematian Indonesia sebesar 2,8%.

Untuk positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 8,5%, sedangkan persentase kasus positif secara total sebesar 10,8%. WHO juga menetapkan standar persentase kasus positif tidak lebih dari 5%. (OL-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat