visitaaponce.com

Dinas LH DKI Jakarta Angkut 2,1 Ton Sampah Medis Sepanjang 2021

Dinas LH DKI Jakarta Angkut 2,1 Ton Sampah Medis Sepanjang 2021
DINAS Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta mengangkut sebanyak 2,1 ton sampah medis di berbagai wilayah Ibu Kota sepanjang tahun 2021(dok.ant)

DINAS Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta mengangkut sebanyak 2,1 ton sampah medis di berbagai wilayah Ibu Kota sepanjang tahun 2021. Didominasi masker bekas dari rumah warga yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman).

Kepala Seksi Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Dinas LH DKI Jakarta, Rosa Ambarsari mengatakan, sampah medis ini ditangani petugas dengan tahapan dipilah, dikemas secara khusus, disemprot cairan disinfektan kemudian dimusnahkan.

"Sampah medis yang petugas tangani seberat 2,1 ton selama tahun 2021," katanya dalam keterangannya, Senin (14/2).

Rosa menjelaskan, meningkatnya sampah medis seiring dengan tren kasus positif Covid-19. Artinya, kalau kasus positif naik, maka banyak warga Jakarta yang melakukan isoman di rumah.

"Kita lakukan penanganannya seperti penanganan limbah infeksius," ucapnya.

Ia pun mengajak warga, khususnya pasien yang sedang menjalani isoman di rumah agar memilah dan mengemas sampah medis. Sehingga petugas dapat dengan cepat menangani tanpa perlu memilahnya kembali.

"Kita harapkan partisipasi warga, terutama yang sedang isoman," tuturnya.

Rosa menambahkan, sampah medis yang diangkut dari rumah warga dikirim ke tempat pengumpulan sampah medis yang ada di setiap kecamatan. Sampah tersebut selanjutnya dikirim ke tempat pembuangan sampah tingkat kota sebelum dimusnahkan.

"Kita sudah bekerja sama dengan jasa pengolahan limbah medis dan B3 yang memiliki lisensi dan izin," tandasnya. (OL-13)

Baca Juga: WHO: Puluhan Ton Limbah Medis Ancam Kesehatan

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat