visitaaponce.com

Anies Luncurkan 30 Bus Listrik, Siap Mengaspal di Ibu Kota

Anies Luncurkan 30 Bus Listrik, Siap Mengaspal di Ibu Kota
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara Inagurasi Bus Listrik Transjakarta.(Antara)

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pengoperasian bus listrik Transjakarta di lapangan Irti Monas pada Selasa (8/3) ini. 

Sebanyak 30 unit bus listrik siap melayani penumpang di empat rute, yakni Bundaran Senayan-Senen, Tanah Abang-Senen, Blok M-Tanah Abang dan Ragunan-Blok M.

Sebelumnya, PT Transjakarta telah melakukan uji coba terhadap dua unit bus listrik dan beroperasi pada rute non koridor. Uji coba tersebut dilakukan sejak tahun lalu. Anies menilai hadirnya bus listrik ini dapat menambah upaya Jakarta dalam mengurangi polusi udara.

Baca juga: Tanah Bergerak Berpotensi Landa 10 Kelurahan, ini Kata Wagub DKI Jakarta

"Jakarta merupakan kota yang memiliki tantangan terkait mobilitas. Ada dua minimal masalah yang dihadapi, satu adalah polusi udara dan kedua kemacetan," ujar Anies.

"Dua-duanya diakibatkan kegiatan kendaraan bermotor yang amat tinggi. Solusi yang coba ditawarkan kepada masyarakat adalah memfasilitasi kendaraan umum, membangun sistem kendaraan umum yang luas dan kendaraan umumnya berbasis listrik," imbuhnya.

Baca juga: Animo Vaksin Booster Rendah, DKI Minta Warga Segera ke Faskes Terdekat

Menurut Anies, ketiga langkah tersebut harus dilakukan bersamaan dan sebanding. Apabila hanya menyediakan kendaraan listrik tanpa menyediakan sistem kendaraan umum yang baik, warga akan tetap memilih kendaraan pribadi.

Pihaknyamenargetkan hingga akhir tahun ini terdapat 100 unit bus listrik yang beroperasi. "Fase awal kita operasikan 30. Nantinya 100 dan harapannya di 2030 semua kendaraan umum di Jakarta bisa operasi menggunakan tenaga listrik," jelasnya.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat