visitaaponce.com

Terminal Kampung Rambutan dan Pulo Gebang Bakal Sediakan Vaksin Booster Bagi Pemudik

Terminal Kampung Rambutan dan Pulo Gebang Bakal Sediakan Vaksin Booster Bagi Pemudik
Calon penumpang menunggu kedatangan bus di Terminal Bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) Kampung Rambutan, Jakarta.(ANTARA/Aprillio Akbar)

TERMINAL Kampung Rambutan dan Terminal Pulo Gebang bakal menyediakan vaksin booster covid-19 bagi calon pemudik. Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta Yayat Sudrajat mengatakan vaksin akan disediakan oleh Kementerian Perhubungan.

"Kemenhub sudah berkoordinasi dengan Dishub DKI terkait lokasi titik booster untuk angkutan lebaran yang biasa digunakan itu di dua terminal yakni Kampung Rambutan dan Pulo Gebang," kata Yayat di Jakarta, Rabu (6/4).

Yayat menjelaskan kedua terminal tersebut sebelumnya juga sudah pernah menjadi lokasi vaksin primer bagi para awak angkutan umum dan angkutan antar kota antar provinsi (AKAP).

Baca juga: Pemerintah Harus Antisipasi Arus Mudik Sedini Mungkin

Untuk jumlah vaksin yang disediakan Kemenhub bagi pemudik, Dishub DKI masih menunggu konfirmasi lebih lanjut.

Sementara itu, posko arus mudik akan tersedia mulai 25 April mendatang atau H-7 lebaran. Saat itu pula rencananya vaksin booster akan mulai tersedia di dua terminal tersebut.

Di sisi lain, pihaknya tengah mempersiapkan petugas di terminal agar cermat melakukan pemeriksaan syarat perjalanan mudik. Pemerintah pusat menerapkan vaksin booster menjadi syarat bagi masyarakat yang mau mudik.

Sementara bagi masyarakat yang baru vaksin dosis 1 harus melampirkan hasil tes PCR dan untuk masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin dosis lengkap harus memiliki hasil tes antigen.

"Ketika masyarakat membeli tiket itu nanti akan diperiksa aplikasi Peduli Lindungi syaratnya seperti apa. Kalau dilihat sertifikat vaksinnya baru dosis 2 ya artinya harus ada tes antigen. Kalau sudah vaksin ke-3 itu kan juga akan terlihat di aplikasi," tuturnya. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat