visitaaponce.com

Anies Kepulauan Seribu Akan Dipersiapkan bagi Para Digital Nomad

Anies: Kepulauan Seribu Akan Dipersiapkan bagi Para Digital Nomad
Pengunjung bersantai di Pantai Pasir Perawan di Pulau Pari, Kepulauan Seribu(Dok.MI)

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak para pekerja digital atau digital nomad untuk bekerja dari Kepulauan Seribu. Hal tersebut diungkapkan Anies saat membuka rangkaian Jakarta Hajatan ke-495 di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Selasa (24/5).

Anies mengatakan Jakarta dan Bodetabek menjadi rumah ekosistem startup terbesar di Indonesia dengan jumlah sekitar 471 startup atau 39,9% startup di Indonesia. Sehingga, memiliki potensi besar untuk mengembangkan ekosistem digital.

Ia mengatakan akses infrastruktur digital di Jakarta sangat memadai dibandingkan wilayah lain di Indonesia dengan lebih dari 9.000 titik akses WiFi gratis untuk semua melalui program JakWifi.

“Di sisi lain, Jakarta memiliki potensi yang luar biasa di sektor pariwisata dan wilayah kepulauan yang masih dapat dikembangkan secara khusus menjadi pariwisata kelas global, dengan membawa konsep digital nomad,” kata Anies.

Baca juga: Anies Jelaskan Alasan Ganti HUT Jakarta Jadi Hajatan

Guna memfasilitasi kegiatan digital nomad, Anies mengatakan pemerintah akan menyediakan akses internet yang cepat, akses transportasi yang aman dan nyaman, memberikan kepastian akses tempat tinggal, memastikan kebutuhan dasar seperti air bersih, pangan, dan listrik tersedia, memastikan fasilitas bekerja yang memadai, dan fasilitas hiburan.

“Perangkat Daerah (PD) terkait akan menentukan lokasi piloting untuk pengembangan digital nomad di 5 (lima) wilayah kota dan 1 (satu) kabupaten Kepulauan Seribu. Lokasi tersebut nantinya akan ditingkatkan fasilitasnya sesuai dengan kebutuhan minimal untuk pengembangan digital nomad. Terakhir, akan dibuat sebuah website informasi lokasi digital nomad serta fasilitas pendukung untuk mempermudah para digital nomad dalam mendapatkan informasi,” ujarnya.(OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat