visitaaponce.com

Anies Baswedan Sebut Warga Lebih Tertarik Program DP 0 Rupiah

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan sebut masyarakat lebih tertarik untuk tinggal di rumah down payment (DP) 0 rupiah dibandingkan di apartemen yang dibangun swasta.

“Keterisian program DP 0 ini lebih tinggi daripada pasar, karena pasar apartemen keterisiannya baru 70 persen, jadi DP 0 itu 95 persen,“ ucap Anies saat meresmikan rumah susun sederhana milik (rusunami) DP 0 di Cilangkap, pada Kamis (8/9).

Ia mengeklaim permintaan warga urnuk tinggal di rumah DP 0 rupiah sangat tinggi. Bahkan saat ini ada kurang lebih 55 ribu orang yang mendaftar.

“DP 0 ini sebuah skema yang menarik bagi swasta, workable, sekarang ada 700 sedang antre, pembangunan 700 unit dan insyaallah tuntas 2024,” kata dia.

Ia menjelaskan pihaknya memiliki sejumlah program untuk pemenuhan hak tempat tinggal warga ibu kota seperti DP 0, rusunawa, hingga penataan kampung.

Baca juga: 

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga memberikan kemudahan bagi yang sudah memiliki rumah, yakni dengan menggratiskan pajak bumi dan bangunan (PBB) bagi nilai rumah di bawah Rp 2 miliar. Untuk rumah di atas Rp 2 miliar, ukuran 60 meter persegi pertama tidak terkena pajak.

“Jadi kami di Pemprov DKI tidak boleh hanya memikirkan satu aspek. Semuanya yang sudah tinggal di sini supaya tidak tergeser, dengan cara bebas pajak. Ketika sudah dibebaskan pajak Rp 2 miliar itu, 85 persen rumah di Jakarta tidak harus bayar pajak,” tuturnya. (Far/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat