visitaaponce.com

500 Pasukan Oranye Disiagakan di TMII di Malam Tahun Baru

500 Pasukan Oranye Disiagakan di TMII di Malam Tahun Baru
Pasukan oranye.(Antara)

SEBANYAK 500 petugas kebersihan dari Sudin Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Timur dan UPK Badan Air, akan disiagakan di kawasan TMII, Jakarta Timur di malam pergantian tahun. Petugas berseragam warna oranye ini akan mulai bergerak untuk membersihkan sampah sisa perayaan malam tahun baru di TMII ini mulai pukul 01.00.

Kasudin Lingkungan Hidup Kota Jakarta Timur Wahyudi Rudianto menjelaskan, 500 personel ini terdiri dari unsur UPK Badan Air Dinas LH DKI sebanyak 300 orang dan dari Sudin LH Jakarta Timur 200 orang. Mereka disiagakan untuk antisipasi sampah yang menumpuk sebagai imbas membludaknya pengunjung saat puncak acara malam tahun baru nanti.

"Personel ini mulai membersihkan area TMII sekitar pukul 01.00 dini hari. Kita targetkan pada pukul 05.00 sudah bersih kembali kawasan TMII, baik bagian luar maupun dalam," tutur Wahyudi, Jumat (30/12).

Selain menyiagakan petugas, Wahyudi juga mengerahkan enam unit mobil toilet untuk disebar di tiga lokasi tempat pesta kembang api di TMII. Yakni Plaza Gajah Mada, Danau Archipelago TMII, dan Museum KTT Non Blok. Dua di antaranya adalah mobil toilet VIP untuk tamu undangan dari kalangan pejabat yang ditempatkan di Danau Archipelago TMII. Selain itu ada pula dua unit truk tangki air bersih masing-masing berkapasitas 8.000 liter untuk mengisi air di mobil toilet dan toilet portabel.

"Kami juga menambahkan lima toilet portabel untuk cadangan. Penempatannya disesuai kebutuhan di dalam area TMII dan dikoordinasikan dengan pengelola TMII," imbuhnya.

Dia menambahkan, ada 14 unit truk sampah ukuran besar dengan kapasitas masing-masing 10 meter kubik yang juga dikerahkan ke lokasi untuk pengangkutan sampah. Penempatannya juga akan disebar di dalam area TMII.

Selain itu, ada tambahan 10 unit truk sampah yang disiagakan di 10 kecamatan. Jika 14 unit tersebut tidak mencukupi maka 10 unit tambahan langsung diarahkan ke dalam kawasan TMII.

Selanjutnya, ada lima mobil sweeper untuk menyapu kawasan luar dan dalam TMII, serta 1.000 lembar karung untuk mengumpulkan sampah yang tercecer. (OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat