visitaaponce.com

Jumlah Pendatang ke Jakarta Meningkat Tiap Tahun, Ini Antisipasi Disdukcapil DKI

Jumlah Pendatang ke Jakarta Meningkat Tiap Tahun, Ini Antisipasi Disdukcapil DKI
Ilustrasi: aktivitas masyarakat dan pekerja di luar ruang di kawasan Thamrin, Jakarta, Jumat (30/12/2022).(MI/Susanto)

DINAS Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta mencatat terjadi kenaikan jumlah warga yang datang ke Jakarta setiap tahun. Jakarta masih memiliki daya magnet yang kuat bagi pendatang dari daerah dengan berbagai tujuan.

"Ada sedikit kenaikan dari 2021 ke 2022 karena memang Jakarta ini punya daya tarik tersendiri. Jadi banyak penduduk yang ingin mengadu nasibnya ke Jakarta," kata Budi di Balai Kota DKI, Selasa (14/2).

Baca juga: Disdukcapil DKI akan Buka Layanan Khusus akibat Perubahan Nama Jalan

Budi mengatakan, pada 2020 jumlah pendatang 113.814 orang. Jumlah pendatang naik 18,55% pada 2021 yakni 139.740 orang. Kemudian, menurut data semester I 2022 ada 151.752 warga pendatang atau naik 7,92%.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, lanjut Budi, memberikan arahan agar SKPD mencermati pola pendatang saat ini.

Dinas Dukcapil pun tidak melakukan operasi yustisi melainkan memberikan sosialisasi dan pembinaan tertib administrasi kependudukan kepada para pendatang melalui aparat kelurahan.

"Kita ada program kamsa, kampung sadar adminduk yang kita lakukan ke RW-RW. Bagaimana kita memberikan sosialisasi dan layanan jemput bola kepada masyarakat agar mereka tertib administrasi kependudukannya," imbuhnya. (OL-17)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat