visitaaponce.com

Kapolri Evaluasi Lokasi Seluruh Objek Vital

Kapolri Evaluasi Lokasi Seluruh Objek Vital
Sejumlah rumah yang hangus akibat Depo Pertamina di Plumpang, Jakarta, terbakar(AFP)

KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit menilai objek vital seperti Depo Pertamina di Plumpang, Jakarta idealnya jaih dari pemukiman.Hal ini dilakukan untuk mencegah hal serupa seperti kebocoran pipa tangki yang menyebabkan kebakaran hebat pada Jumat malam kemarin.

"Secara assessment tentunya lebih ideal kalau ada jarak," kata Listyo, di RPTRA Rawa Badak Selatan (Rasela), Jakarta Utara, Sabtu (4/3)

Menurutnya, Depo Pertamina Plumpang yang merupakan satu kawasan objek vital yang strategis, seharusnya dapat menjaga risiko yang dapat terjadi. Termasuk, dalam mengantisipasi kebakaran.

"Tentunya perlu ada assessment yang kemudian duduk bersama antara Pemda, Depo Plumpang sebagai obvit, untuk kemudian ada satu solusi bersama sehingga pada saat terjadi masalah, obvit ini betul-betul bisa dijaga sehingga tidak terdampak ke masyarakat di sekitarnya," kata Listyo.

Listyo mengatakan, hasil assessment tersebut nantinya perlu disosialisasikan. Ia berharap ada kesepakatan bila terdapat pengaturan-pengaturan terkait dengan lokasi tempat tinggal.

"Tentunya juga harus ada upaya untuk mempersiapkan tempat baru. Tapi semua harus bergantung pada hasil diskusi dan kajian," kata Listyo.

Namun terkait jarak aman, Listyo belum dapat memastikan berapa jarak yang ideal dari objek vital ke pemukiman warga.

"Sebenarnya ada aturannya, cuma karena kita lihat bahwa di sini juga objek vitalnya memang strategis dan kita liat juga pemukiman masyarakat sangat dekat, idealnya berjarak," pungkasnya. (OL-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat