visitaaponce.com

Antisipasi Kemacetan Ramadan, Dishub DKI Rekayasa Lalin

Antisipasi Kemacetan Ramadan, Dishub DKI Rekayasa Lalin
Kendaraan terjebak kemacetan saat jam berangkat kerja di Jalan R Soeprapto, Jakarta, Kamis (05/01/2022).(MI/USMAN ISKANDAR)

DINAS Perhubungan DKI Jakarta berencana melakukan rekayasa lalu lintas di beberapa titik di ruas jalanan ibu kota. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan saat Ramadan.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengungkapkan, rekayasa lalu lintas ini akan dilakukan di sejumlah lokasi pusat keramaian.

"Tentu kami akan lakukan di beberapa tempat, contoh di Tanah Abang dan Thamrin City yang jadi pusat masyarakat sebelum mereka mudik. Demikian pula Mangga Dua," ungkap Syafrin di Jakarta, Senin (6/3).

Baca Juga: Perbaikan Jalan Amblas yang Sebabkan Kemacetan Rampung Besok

Menurut dia, lokasi-lokasi tersebut akan semakin dipadati warga ketika Ramadan untuk berbelanja kebutuhan Ramadan dan Lebaran. Untuk itu perlu dilakukan antisipasi guna mengurangi kemacetan.

"Jadi artinya di tempat-tempat pusat kegiatan yang selama ini teridentifikasi menjadi kunjungan warga kita dalam menyambut Ramadan itu akan dilakukan manajemen rekayasa lalin supaya mereka tidak akan terjebak kemacetan," tegasnya.

Baca Juga: DPRD Dukung Pemprov DKI Atasi Kemacetan di Kalideres

Sementara itu, untuk mengurangi kemacetan saat arus mudik, Syafrin juga meminta agar masyarakat memanfaatkan layanan angkutan umum dan fasilitas mudik gratis dari pemerintah. Ia memastikan keamanan layanan angkutan umum, dengan melakukan pemeriksaan kelaikan angkutan jelang arus mudik.

"Kami juga menghimbau masyarakat untuk menggunakan penyelenggaraan mudik gratis, baik yang dilaksanakan oleh pemerintah, baik itu kementerian perhubungan," tutup dia. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat