visitaaponce.com

Lokasi di Sekitar Depo Dinilai bukan untuk Permukiman

Lokasi di Sekitar Depo Dinilai bukan untuk Permukiman
Foto udara area di sekitar Depo Pertamina Plumpang di Jalan Koramil, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta.(ANTARA/M RISYAL HIDAYAT)

KETUA DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengungkapkan pendapatnya soal kebakaran depo Plumpang yang mengakibatkan korban jiwa. Pras, sapaan akrab Prasetio, menilai seharusnya lokasi sekitar depo tidak menjadi kawasan permukiman.

Sebabnya, kawasan tersebut berisiko tinggi kebakaran. Hal ini sudah dibuktikan melalui musibah kebakaran yang terjadi pada Jumat (3/3) lalu.

"Ya harusnya kan, apa namanya memang itu kan tempat yang seharusnya (tidak ditempati) oleh masyarakat," ungkap Pras di Balai Kota, Jakarta, Selasa (7/3).

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta Harus Penuhi Keperluan Sekolah Anak Pengungsi di Plumpang

Risiko kejadian kebakaran ini pun sebenarnya sudah pernah diperingatkan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Mantan Bupati Belitung itu pernah membujuk agar warga Plumpang mau direlokasi ke rusun. Namun, upaya itu gagal.

"Apa yang diwanti-wanti Pak Ahok itu kejadian sekarang," imbuhnya.

Pras pun berharap ada solusi yang jelas dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah yang tidak merugikan pihak manapun. Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah harus hadir membantu warga serta membuat solusi agar peristiwa serupa tidak terulang kembali. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat