visitaaponce.com

Komnas HAM Dorong Penegakan Hukum Kasus Kebakaran Rumah Wartawan di Sumut

Komnas HAM Dorong Penegakan Hukum Kasus Kebakaran Rumah Wartawan di Sumut
Lokasi rumah wartawan yang terbakar di Kabanjahe, Karo, Sumatera Utara,(ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)

KOMISI Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendorong agar adanya penegakan hukum atas kasus kebakaran rumah yang menimpa wartawan Tribrata TV di Karo, Sumatera Utara. Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro menyampaikan keprihatinan sekaligus duka cita atas meninggalnya wartawan tersebut dan peristiwa kebakaran terjadi.

Kebakaran rumah yang dialami wartawan Tribrata TV itu mengakibatkan empat orang meninggal dunia, yakni sang wartawan, Rico Sempurna Pasaribu dan tiga anggota keluarga lainnya.

“Berdasarkan informasi awal yang diperoleh dari media pemberitaan dan tim pencari fakta Komisi Keselamatan Jurnalis (KKJ) Sumatera Utara, peristiwa kebakaran terjadi setelah Sempurna Pasaribu memberikan perjudian di jalan Kapten Bom Ginting, Kelurahan Padang Mas, Kecamatan Kuban Jahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara,” ucap Atnike, Rabu (3/7).

Baca juga : TNI Buka Suara Soal Dugaan Anggota Terlibat Kebakaran Rumah Wartawan

Menyikapi peristiwa tersebut, Atnike menyampaikan bahwa Komnas HAM akan melakukan pemantauan dan penyelidikan untuk mendapatkan informasi, data dan fakta atas peristiwa tersebut sesuai dengan mandat dan kewenangan Komnas HAM.

“Komnas HAM meminta aparat penegak hukum untuk melakukan penegakan hukum atas peristiwa tersebut dengan profesional, akuntabel, adil dan memberikan keadilan bagi korban dan anggota keluarganya,” pesan Atnike.

Selain itu, Komnas HAM juga mendorong pemerintah untuk menjamin penghormatan, perlindungan dan pemenuhan kebebasan pers di Indonesia sebagai bagian dari hak atas kebebasan berekspresi berpendapat. (Dis/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat