visitaaponce.com

Pertamina Kebakaran Depo Plumpang Terjadi di Pipa Penyalur BBM

Pertamina: Kebakaran Depo Plumpang Terjadi di Pipa Penyalur BBM
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati bersiap mengikuti rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta(Antara / Galih Pradipta)

DIREKTUR Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menyampaikan kebakaran Depo atau Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang, Jakarta Utara, terjadi di pipa penyalur BBM yang berada dalam tanah. Kebakaran yang terjadi pada Jumat (3/3) tersebut bukan disebabkan oleh tangki minyak yang alami kebocoran. 

"Bahwa sebetulnya tangki-tangki di seluruh fasilitas TBBM Plumpang itu masih aman. Yang terbakar itu pipa," kata Nicke dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI, di Kompleks Senayan, Jakarta, Selasa (14/3)

Baca juga : Pemindahan Depo Plumpang Butuh 5 Tahun, Pertamina Kini Utamakan Bangun Buffer Zone

Nicke kemudian mengklaim pihaknya berhasil memadamkan kobaran api di pipa penyalur BBM dalam jangka waktu tiga jam. Setelah itu, Pertamina mengganti pipa yang sudah terbakar dengan pipa bawah laut untuk penyaluran BBM.

Baca juga : Korban Meninggal Kebakaran Depo Plumpang Jadi 21 Orang

"Ini untuk memastikan suplai BBM untuk 19 kota/kabupaten tetap terjamin walaupun ada insiden ini," ucapnya.

Untuk penyebab kebakaran masih tengah dilakukan investigasi oleh aparat hukum, Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM, dan juga dari Pertamina.

Setelah insiden kebakaran, lanjut Nicke, Pertamina membentuk task force atau satuan tugas (satgas) untuk pemulihan infrastruktur operasi TBBM Plumpang dan penangan korban terdampak kebakaran. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat