visitaaponce.com

Kuota Hanya 19 Ribu, Pendaftar Mudik Gratis DKI Capai 28 Ribu

Kuota Hanya 19 Ribu, Pendaftar Mudik Gratis DKI Capai 28 Ribu
Ilustrasi bus mudik gratis(Antara Foto/Indrianto)

DINAS Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah menutup pendaftaran Program Mudik Gratis DKI Jakarta 2023, pada 24 Maret 2023 pukul 09.00 WIB. Penutupan dilakukan hanya sehari setelah dibuka pada 23 Maret 2023 karena jumlah pendaftar sudah melebihi target.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, sejak pendaftaran dibuka, antusiasme masyarakat begitu tinggi, ribuan orang mengakses sistem mudikgratisjakarta.com secara bersamaan dan membuat sistem dikeluhkan banyak orang. Namun, Dishub DKI memastikan dengan berbagai langkah bahwa sistem tidak down dan masyarakat tetap dapat mengaksesnya.

“Berdasarkan hasil verifikasi dokumen, pada arus mudik terdapat kelebihan peserta sebanyak 5.984 penumpang, karena targetnya adalah 11.120 penumpang, namun peserta yang terdaftar sebanyak 17.104 penumpang. Pada arus balik dari target 8.160 penumpang, peserta yang terdaftar sebanyak 11.402 penumpang, terdapat kelebihan peserta sebanyak 3.242 penumpang,” kata Syafrin, Senin (3/4).

Baca juga: Mudik Gratis 2023 BUMN, Cek Syarat dan Kota Tujuannya

Sementara itu, ada data ganda sekitar 600 pendaftar. Data ganda ini ialah pendaftar yang tidak hanya mendaftar program Mudik Gratis DKI Jakarta tetapi juga pada program mudik gratis lainnya seperti di Kementerian Perhubungan dan Jasa Raharja.

Syafrin mengungkapkan untuk data ganda inilah yang kemudian akan disinkronkan. Sehingga, pendaftar yang tercatat mengikuti lebih dari satu program mudik gratis ini akan dicoret dari daftar peserta.

Baca juga: Mudik Gratis Kereta Api Kemenhub 2023, Cek Syarat dan Jadwal

Sementara itu, untuk mengakomodir antusiasme pendaftar yang belum mendapat kuota, Dishub DKI akan bersinergi dengan para operator pemenang tender Mudik Gratis DKI Jakarta 2023 agar bisa menambah kapasitas bus.

"Tentu tahap pertama kami akan komunikasi dengan operator tanpa mengurangi kualitas bus dan tentu akan meningkatkan kapasitas. Misal awalnya akan menggunakan bus seat 45 apakah bisa menggunakan seat 50. Untuk bus yang berkapasitas seat 50 apa bisa ditambah menggunakan bus seat 54," ujar Syafrin.

Pendaftar yang nantinya ditentukan berhak mendapatkan kuota tambahan ini akan dihubungi oleh pihak Dishub DKI Jakarta. Sementara itu, untuk pendaftar yang sudah diverifikasi dan mendapatkan kuota secara bertahap akan dikirimkan pesan Whatsapp berupa info kepastian mendapatkan kuota Mudik Gratis DKI Jakarta berikut jadwal pemberangkatannya. (Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat