visitaaponce.com

Informasi Rumah dan Kendaraan yang Dititip Saat Mudik Menjadi Rahasia Kepolisian

Informasi Rumah dan Kendaraan yang Dititip Saat Mudik Menjadi Rahasia Kepolisian
Ilustrasi pelaku pencurian(DOK MEDCOM)

WAKAPOLRES Jakarta Selatan AKBP Harun mengatakan informasi mengenai rumah dan kendaraan yang dititip masyarakat saat mudik menjadi rahasia kepolisian untuk mengurangi potensi kriminal.

“Informasi spesifik mengenai rumah dan kendaraan apa saja yang dititip masyarakat yang mudik hanya diketahui oleh kami dari pihak kepolisian. Adapun elemen-elemen masyarakat yang kami ajak untuk bekerja sama hanya mengetahui informasi umum untuk kepentingan kerja sama,” ungkap Harun di Jakarta, Rabu.

Menurut Harun, kerahasiaan penitipan rumah dan kendaraan masyarakat merupakan hal penting untuk menghindari kerawanan aksi kriminalitas seperti pencurian dan aksi kriminal lainnya.

Baca juga: Ratusan Polisi Jakpus Disebar Selama Mudik Lebaran, Cegah Pencurian Rumah Kosong

“Jika informasi spesifik mengenai penitipan properti diketahui pencuri atau oknum-oknum yang berpotensi mencuri, maka rumah-rumah dan kendaraan yang ada akan semakin rawan. Secara sederhana, pencuri tidak akan tahu rumah-rumah mana saja di Jakarta Selatan yang dititipkan dan dijaga oleh polisi RW. Kami selalu mengantisipasi celah-celah kriminal semacam itu,” kata Harun.

Selain itu Harun juga menyampaikan pemilihan polisi RW disesuaikan dengan kedekatan wilayah jaga masing-masing serta menginstruksikan kepada mereka untuk selalu berkoordinasi dengan polsek terkait.

Baca juga: Polda Metro Jaya Hadirkan Penitipan Kendaraan Gratis untuk Para Pemudik

Harun melanjutkan Polres Jakarta Selatan bersama Polda DKI sudah menempatkan 580 polisi RW di Jakarta Selatan. Syarat dari polisi RW adalah harus tinggal di RW terkait atau setidaknya berdomisili dekat dengan RW yang harus dijaganya.

“Dengan demikian polisi RW yang menjaga bisa lebih paham situasi dan kondisi daerah yang menjadi tanggung jawabnya,” tutup Harun. (Ant/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat