visitaaponce.com

Ratusan Polisi Jakpus Disebar Selama Mudik Lebaran, Cegah Pencurian Rumah Kosong

Ratusan Polisi Jakpus Disebar Selama Mudik Lebaran, Cegah Pencurian Rumah Kosong
Ilustrasi pelaku pencurian(DOK MEDCOM)

GUNA mencegah aksi kriminalitas selama mudik Lebaran, Polres Metro Jakarta Pusat menyebar ratusan petugas selama mudik Lebaran 2023. Hal ini dalam mencegah aksi pencurian rumah kosong (rumsong) karena ditinggal mudik penghuninya.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komaruddin mengatakan dalam mengantisipasi itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan 368 ketua RW. Pihaknya meminta agar ketua RW mendata warga-warga yang pergi mudik.

"Masyarakat yang hendak berangkat mudik agar mendaftar diri ke RT masing-masing sehingga kita mengetahui titik mana yang memang banyak rumah kosong. Kita juga akan melakukan ekstra patroli petugas," ucapnya, Rabu (12/4).

Baca juga: Waspada Pelabuhan Merak, Macet Panjang Mudik Lebaran Diprediksi Kembali Terjadi

Polres Metro Jakarta Pusat, kata Komaruddin akan menerjunkan 321 personel ke lapangan pada H-7 sampai H+7 Lebaran. Tim itu akan disebar ke titik-titik tertentu yang sudah dipetakan.

"Kita petakan untuk identifikasi serta berdasarkan laporan para ketua RT yang nanti akan mendata di wilayah masing-masing," jelasnya.

Baca juga: Percobaan Pencurian Motor Ojol di Jakbar Digagalkan Seorang Polisi RW

"Dari sana kita bisa melakukan pemetaan mana titik yang banyak rumsong, tentunya yang kita antisipasi bukan hanya kriminalitas, pencurian tapi juga kebakaran," tambah Komaruddin.

Sementara, pihaknya telah mengantongi wilayah-wilayah yang rawan terjadi aksi kriminalitas. Data itu didapat dari hasil analisa dan evaluasi kriminalitas selama ini.

"Kami imbau masyarakat pastikan betul rumah yang ditinggalkan dalam keadaan aman, kemudian sambungan saluran listrik sudah diputus, gas sudah dimatikan dan titipkan pada tetangga atau ketua RT setempat sehingga kita bisa juga menjaga agar rumah yang ditinggalkan tidak jadi target pencurian dan potensi kebakaran yang bisa mengancam lingkungan sekitar," tutupnya. (MGN/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat