visitaaponce.com

Temui Pj Gubernur DKI, Bima Arya Minta Dana Hibah untuk Bangun Serapan Air

Temui Pj Gubernur DKI, Bima Arya Minta Dana Hibah untuk Bangun Serapan Air
Wali Kota Bogor Bima Arya mendatangi Balai Kota DKI Jakarta bertemu dengan PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi, Kamis (4/5).(Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

WALI Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menemui Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota DKI Jakarta hari ini. Dalam pertemuan itu, Bima turut membawa isu pengendalian banjir.

Bima mengatakan ingin berkoordinasi dengan Pemprov DKI agar bisa mengucurkan dana hibah. Dana hibah itu bisa digunakan untuk membangun ruang terbuka biru sebagai serapan air.

Dana itu berhenti sejak 2020 karena pandemi covid-19. Bima mengatakan, Pemprov DKI saat itu turut melakukan realokasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) sehingga banyak anggaran hibah turut berkurang.

Baca juga: Heru Budi dan Bima Arya Bertemu Bahas Macet dan KTT ASEAN

"Untuk banjir, kita dibantu terus oleh jakarta, tapi di 2020 berhenti. Saya laporkan ke Pak Heru. Padahal kan Jakarta selalu menyampaikan di hulunya juga harus diatasi. Nah, kan di hulu, bantu jugalah kita di hulu. Bisa dibuat sumur resapan, atau waduk, atau situ-situ. Supaya air itu ditahan, dibangun di Bogor, diserap di Bogor. Maka akan berkurang ke Jakarta," ujar Bima di Balai Kota DKI, Kamis (4/5).

Dalam kesempatan yang sama, Heru pun menyambut baik keinginan Bogor untuk membangun daerah serapan air guna mengurangi banjir di Jakarta.

Baca juga: Gandeng Trans Pakuan, TransJakarta Beroperasi Sampai Bogor 

Penataan kota dan pengendalian banjir nantinya akan dibahas lebih detail dan teknis dengan jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) kedua pemda. Selain itu, Heru juga mendukung upaya normalisasj Kali Ciliwung.

"Yang berikutnya adalah terkait dengan pengembangan kota misalnya Ciliwung dan lain-lain nanti saya ke beberapa titik, Pak Wali meninjau," ujarnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat