visitaaponce.com

Normalisasi Kali Ciliwung Terkendala Administrasi Lahan

Normalisasi Kali Ciliwung Terkendala Administrasi Lahan
Kali Ciliwung, Jakarta.(ANTARA/GALIH PRADIPTA)

KEPALA Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Yusmada Faizal buka suara soal penyebab belum selesainya pembebasan lahan pada proyek normalisasi Kali Ciliwung.

Secara umum kendala pembebasan lahan dalam proyek normalisasi Kali Ciliwung disebabkan karena berkas kepemilikan lahan yang bermasalah.

"Kalau yang berkasnya lengkap sudah kami bayar dan itu gak masalah, kalau berkasnya belum lengkap ini yang sedang dibahas oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN)," katanya saat dihubungi Media Indonesia, Senin (22/5).

Baca juga:

Kali Ciliwung Meluap, Permukiman Kebon Pala Terendam Banjir

Lagi, Puluhan RT di Jakarta Timur Terendam Banjir Akibat Luapan Kali Ciliwung

Meski sejumlah lahan belum dibebaskan, proses administrasi normalisasi Kali Ciliwung tetap dilaksanakan.

"Yang di kawasan Kampung Melayu itu sudah mulai kami lakukan land acquisition and resetlement action plan (LARAP)," ujar Yusmada.

"Jadi, dibuat dulu perencanaanya, saat ini juga masih proses kajian awal di Dokumen Perencanaan Pengadaan Tanah (DPPT)," sambungnya.

Baca juga: Luapan Kali Ciliwung Sebabkan Banjir di Jaktim, Ketinggian 1 Meter

Yusmada mengaku tidak mau berkomentar banyak soal masalah pembebasan lahan dalam proyek normalisasi Kali Ciliwung, sebab masalah pembebasan lahan merupakan wewenang BPN.

"Pelaksana pengadaan tanah ini kan BPN, nanti mereka yang akan melakukan pembahasan soal hal ini. Apalagi BPN juga operator pelaksana, nanti mereka yang akan mengurus status administrasi pertanahan di sana. Jadi, soal lahan itu ranah BPN saya tidak bisa berkomentar soal ini," tutupnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat