visitaaponce.com

Ini Jam Operasional TransJakarta ke Bandara Soetta

Ini Jam Operasional TransJakarta ke Bandara Soetta
Bus Transjakarta.(MI/Adi Maulana Ibrahim)

PT TransJakarta akan menguji coba rute menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada awal Juli 2023. Rute ini akan diutamakan bagi para pekerja bandara. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, jam operasional rute ini akan dibagi dalam dua periode dan bus akan datang setiap 20 menit.

"Pertama pukul 06.00 sampai pukul 09.00 dan periode kedua mulai pukul 18.00 sampai pukul 21.00," kata Syafrin di Balai Kota, Rabu (21/6).

Terdapat sembilan unit bus bertipe 'low deck' yang akan mengoperasikan rute uji coba dari Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Sementara, beberapa unit akan beroperasi melayani rute Pantai Indah Kapuk (PIK).

Baca juga : Tarif TransJakarta Rute Bandara Soetta-Kalideres Ditetapkan Rp3.500

Sementara itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk izin uji coba rute tersebut. Ia menegaskan, adanya rute ini tidak akan mengganggu penumpang angkutan reguler. Sebab, rute TransJakarta hanya melayani pekerja bandara dengan titik akhir di terminal kargo dan kantor PT AP II.

Selain itu, BPTJ pun sedang melakukan sosialisasi rute ini kepada para operator angkutan umum bandara. "Bahkan hari ini rekan-rekan dari BPTJ juga sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh operator. Jadi hari ini dilakukan sosialisasi dan tentu semuanya memahami. Karena memang segmen pasar yang dituju itu berbeda," ujarnya.

Baca juga : Rute Wisata TransJakarta, Layani Pelanggan Mulai Pukul 09.00 WIB

Selama masa uji coba ini, penumpang tidak akan dipungut bayaran. Sementara itu, pihaknya masih terus mengkaji perihal tarif layanan ini berdasarkan kemampuan untuk membayar (ability to pay) dan kemauan untuk membayar (willingness to pay) para penumpang serta jarak yang ditempuh untuk rute tersebut.

"Sehingga tarif yang ditetapkan itu juga memenuhi aspek keadilan bagi masyarakat yang bener-bener membutuhkan ini." tuturnya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat