visitaaponce.com

Naik TransJakarta ke Bandara Soetta Gratis Selama Masa Uji Coba

Naik TransJakarta ke Bandara Soetta Gratis Selama Masa Uji Coba
Rute baru TransJakarta ke Bandara Soetta mulai uji coba bulan depan(MI/Usman Iskandar)

DINAS Perhubungan DKI Jakarta bakal melakukan uji coba rute TransJakarta ke Bandara Soekarno-Hatta pada awal bulan depan. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, selama masa uji coba tersebut, masyarakat yang menggunakan rute itu tidak akan dipungut biaya alias gratis.

"Iya gratis. Selama uji coba, gratis. Tentu tujuannya kami ingin melihat karakteristik selain operasional bus secara teknis, juga karakteristik masyarakat pengguna," kata Syafrin di Balai Kota, Rabu (21/6).

Untuk titik pemberangkatan uji coba ini pertama akan dimulai dari Terminal Kalideres, Jakarta Barat dan masuk ke wilayah Kota Tangerang. Surat izin untuk melakukan uji coba juga sudah dikirimkan Dishub DKI ke Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Baca juga: Rute Baru Transjakarta Tujuan Bandara Terbuka untuk Umum

Berbagai persiapan akan dilakukan oleh PT TransJakarta guna mengoperasikan rute tersebut yakni pemasangan plang bus stop di beberapa titik.

"Ya bus stop itu dari terminal kalideres, jalan yang akan dilintasi itu disiapkan bus stop. sehingga layanannya tidak point to point. Tetapi, begitu melintas dari Kalideres, masuk ke kawasan Tangerang, di jalan reguler itu ada titik yang bisa ditempatkan bus stop, kita akan pasang bus stop. Sehingga bus akan berhenti di sana mengangkut penumpang menuju ke bandara maupun yang ke Kalideres," jelasnya.

Baca juga: Tangani Polusi, PT TransJakarta Lakukan Penanaman Pohon di Kawasan Waduk Brigif

Dari titik Kalideres akan ada sembilan unit bus bertipe 'low deck' yang akan dioperasikan untuk rute ini. Sementara itu, beberapa unit bus TransJakarta lainnya juga akan diujicobakan menjalani rute ini dari titik lainnya seperti dari Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara.

Ia pun menegaskan, bus ini tidak akan mengurangi penumpang angkutan reguler seperti bus DAMRI, taksi reguler, hingga taksi daring. Sebab, bus TransJakarta rute bandara ini menyasar penumpang yang bekerja di bandara sehingga hanya akan berhenti di terminal kargo dan di kantor PT AP II.

"Dari pembicaraan dengan AP II ada sekitar 40 ribu pekerja di bandara. Maka kami taksir ada 10% yang beralih menggunakan rute ini," lanjut dia. 

Jam Operasional

Syafrin mengatakan, jam operasional rute ini akan dibagi dalam dua periode dan bus akan datang setiap 20 menit.

"Pertama pukul 06.00 sampai pukul 09.00 dan periode kedua mulai pukul 18.00 sampai pukul 21.00," kata Syafrin.

Ada sembilan unit bus bertipe 'low deck' yang akan mengoperasikan rute uji coba dari Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Sementara, beberapa unit akan beroperasi melayani rute Pantai Indah Kapuk (PIK).

Sementara itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk izin uji coba rute tersebut. Ia menegaskan, adanya rute ini tidak akan mengganggu penumpang angkutan reguler. Sebab, rute TransJakarta hanya melayani pekerja bandara dengan titik akhir di terminal kargo dan kantor PT AP II.

Selain itu, BPTJ pun sedang melakukan sosialisasi rute ini kepada para operator angkutan umum bandara.

"Bahkan hari ini rekan-rekan dari BPTJ juga sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh operator. Jadi hari ini dilakukan sosialisasi dan tentu semuanya memahami. Karena memang segmen pasar yang dituju itu berbeda," ujarnya. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat