visitaaponce.com

Pemkot Jaktim Gelar Bazar UMKM Rayakan HUT DKI Jakarta, Pecahkan Rekor MURI

Pemkot Jaktim Gelar Bazar UMKM Rayakan HUT DKI Jakarta, Pecahkan Rekor MURI
Bazar UMKM meriahkan HUT Ke-496 DKI Jakarta di wilayah Jakarta Timur(Dok. Pemkot Jakarta Timur)

MERAYAKAN HUT ke-496 DKI Jakarta, Pemerintah Daerah Jakarta Timur menggelar “Bazar UMKM Jakpreneur Serentak Peserta Terbanyak di Indonesia” di 11 lokasi pada 22-23 Juni 2023. 

Kegiatan itu diinisiasi Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Jakarta Timur dan merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Daerah Jakarta Timur dan Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta, Jakpreneur, yang juga didukung oleh perusahaan penyedia jasa pembayaran PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme), khususnya terkait dengan sistem pembayaran QRIS Jakpreneur.

Kegiatan yang diikuti oleh 1.959 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) se-Jakarta Timur ini dilakukan secara serentak di 11 lokasi dan memecahkan rekor MURI sebagai event bazar UMKM serentak peserta terbanyak di sejumlah lokasi. 

Baca juga : HUT ke-496 DKI Jakarta, Kemendagri Apresiasi Peran Jakarta Sukseskan Perpindahan IKN

Prosesi penyerahan rekor MURI ini dilakukan di kantor Walikota Jakarta Timur yang dihadiri oleh Senior Manager MURI Triyono, Kepala Suku Dinas PPKUKM Jakarta Timur Derliana Melinda Sagala, Asisten Ekonomi Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Timur Kuswanto (Mewakili PJ Gubernur DKI Jakarta)

Kepala Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Kota Administrasi Jakarta Timur Derliana Melinda Sagala menjelaskan bazar seperti ini sudah rutin diadakan, namun khusus untuk pelaksanaan sebanyak ini baru pertama kali dilaksanakan dengan mengambil momentum HUT DKI Jakarta yang ke-496. 

Baca juga : Dirlantas Polda Metro Jaya Ganti Petugas Pelayanan SIM Keliling di Kalibata

“Pelaksanaan bazar serentak di 10 kecamatan dan 1 kota ini akan menampilkan binaan 6 OPD Pengampu dan PKK se-Jakarta Timur sebanyak total 1.950 peserta UMKM dengan fasilitas tenda 970 tenda bazar yang akan dipasang di 63 kelurahan dan 1 kota," ujarnya.

Melinda menambahkan bazar kali ini akan banyak sekali kolaborator yang ikut serta memeriahkan bazar, selain itu juga ada yang unik di dalam proses pembinaan pada para UMKM. 

UMKM tidak hanya difasilitasi sarana tempat mereka berjualan, tetapi juga penerapan transformasi digital dengan menerapkan pembayaran nontunai dengan metode QRIS payment. 

"Selain itu perlu diapresiasi juga bahwa para UMKM yang terlibat didalam kegiatan bazar serentak ini juga sudah dilengkapi dengan BPJS ketenagakerjaan," ujarnya.

UMKM yang tergabung dalam bazar HUT DKI ke-496 akan mengadakan penjualan secara marathon oada 22-23 Juni dengan produk-produk unggulan seperti makanan kemasan, fesyen dan craft yang sudah terlebih dulu menjalani proses kurasi yang sangat ketat dari Sudin PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Timur.

"Seluruh UMKM yang mengikuti event bazar sudah terdigitalisasi dan mampu menerima transaksi non-tunai menggunakan QRIS. Hal ini sejalan dengan campaign Bank Indonesia dan ASPI "QRIS nya Satu, Menangnya Banyak"," imbuh Melinda.

Selain bazar UMKM, pada kegiatan itu juga terdapat mini-event berhadiah selama bazar berlangsung yang bertujuan untuk memotivasi UMKM menerima sebanyak-banyaknya transaksi QRIS. Mini-event tersebut dinamakan Kompetisi Parade QRIS. Peserta event berkesempatan memenangkan satu unit HP SAMSUNG A54 5G dan saldo uang elektronik sebesar Rp500.000.

“UMKM merupakan tulang punggung ekonomi kita dan digitalisasi telah menjadi kunci penting dalam memajukan sektor ini. Pada era teknologi informasi yang terus berkembang pesat ini, kita tidak bisa lagi mengabaikan peran digitalisasi dalam membantu UMKM tumbuh dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif," ujar Muhammad Anwar, Wali Kota Jakarta Timur.

Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo menjelaskan sudah saatnya para UMKM di DKI Jakarta yang tergabung dalam Jakarta Entrepreneur menjadi UMKM yang tangguh dan naik kelas sehingga memang slogan Sukses Jakarta untuk Indonesia “benar menjadi slogan yang berarti”. 

"Dengan banyaknya pelatihan yang dilakukan, bazar adalah salah satu implementasi dari pelatihan UMKM bagaimana untuk menghadapi era global dan bersaing di market. “Kami juga mendorong UMKM untuk memanfaatkan platform digital dan jejaring sosial untuk memasarkan produk mereka secara lebih luas, mengakses pasar yang lebih besar, dan meningkatkan visibilitas mereka,” ungkap Ratu Rante Allo.

Setelah sukses dalam digitalisasi UMKM di Djakarta Festival 2022 (DjakFest) dan Cerita Djakarta di Sarinah 2022 lalu, Netzme kembali hadir sebagai enabler digitalisasi di event Bazar Serentak Jakarta Timur 2023. Netzme merupakan kolaborator strategis Dinas PPKUKM yang menyediakan sistem pembayaran non-tunai QRIS Jakpreneur dan mengadakan program insentif merchant. 

CEO PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme) Vicky Ganda Saputra menjelaskan digitalisasi dapat membantu Dinas PPKUKM dalam mengumpulkan dan mengelola data UMKM. Sistem digital dapat menyederhanakan proses pendataan, memastikan akurasi data, dan memungkinkan Dinas PPKUKM untuk mengakses informasi dengan lebih cepat dan efisien. 

“Dengan data yang terkumpul secara digital, Dinas PPKUKM dapat melakukan analisa lebih mendalam sehingga mampu memberikan pendampingan khusus dan dorongan modal kepada UMKM yang membutuhkan dengan lebih tepat sasaran," kata Vicky.

“Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-496 DKI Jakarta, Netzme mempersembahkan solusi digital yang inovatif dan terjangkau untuk membantu UMKM mengoptimalkan potensi mereka. Kami percaya bahwa dengan terus mendorong digitalisasi, UMKM Jakarta dan seluruh Indonesia dapat naik kelas, menciptakan lapangan kerja lebih banyak, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Hal ini merupakan wujud komitmen Netzme untuk terus mendukung digitalisasi UMKM Indonesia,” tutup Vicky. (RO/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat