visitaaponce.com

Presiden Sodetan Ciliwung Selesai, 62 Masalah Banjir di Jakarta Teratasi

Presiden: Sodetan Ciliwung Selesai, 62% Masalah Banjir di Jakarta Teratasi
Presiden Joko Widodo meresmikan Sodetan Ciliwung(Youtube Setpres)

Presiden Joko Widodo mengatakan penyelesaian Sodetan Ciliwung setidaknya dapat membantu mengurangi 62% masalah banjir di Ibu Kota DKI Jakarta. Hal tersebut ia sampaikan saat meresmikan Sodetan Ciliwung Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (31/7).

"Selesainya Sodetan Ciliwung ini bisa menyelesaikan banjir Jakarta. Bendungan Ciawi-Sukamahi, Sodetan Ciliwung, normalisasi Ciliwung, Banjir Kanal Timur, itu bisa menyelesaikan baru kira-kira 62% dari persoalan banjir yang ada di Jakarta," ujar Jokowi.  

Ia mengatakan masib ada 38% masalah banjir di ibu kota yang harus diselesaikan Pemerintah pusat bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Kolaborasi itu, lanjutnya, harus dilakukan dari hulu sampai hilir.

Baca juga: Pemprov DKI Fokus Bebaskan Lahan 3 Kilometer di Sepanjang Kali Ciliwung

"Tidak bisa dilakukan hanya di hilir saja. Oleh sebab itu, tahun lalu telah selesai kami bangun di Bogor yang namanya Waduk Ciawi dan Waduk Sukamahi di 2022," imbuh mantan wali kota Surakarta itu.

"Sekarang masih ada PR 38%. Ini yang harus dikerjakan bersama-sama Kementerian PUPR dan Pemprov DKI Jakarta. Sekali lagi, harus dikerjakan bersama-sama Kementerian PUPR dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, bersama-sama. Ini persoalan yang sangat kompleks dan tidak mudah."

Baca juga: Normalisasi Kali Ciliwung Sampai ke Cililitan, Pembebasan Lahan 7 Kelurahan Dikebut

Dengan penyelesaian Sodetan Ciliwung, Jokowi menargetkan setidaknya enam kelurahan di Jakarta akan bebas dari banjir.

"Urusan Sodetan Ciliwung ini sudah bertahun-tahun, sudah hampir 11 tahun. Hari ini alhamdulillah selesai. Ini bisa menyelesaikan paling tidak enam kelurahan tidak banjir lagi," tandasnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat